ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Apr 2022 13:01 WIB

Vaksin Merah Putih Selesai Produksi Agustus, 3 Kelompok Ini Jadi Sasaran

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Vaksin Merah Putih adalah vaksin buatan Indonesia. Vaksin Merah Putih merupakan wujud kemajuan dan kemandirian bangsa dalam penanganan virus COVID-19. Vaksin Merah Putih. (Foto: Dok Humas Unair)
Jakarta -

Vaksin Merah Putih diprediksi selesai diproduksi sekitar Agustus hingga Desember 2022. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan pengembangan vaksin Merah Putih kini masih dalam tahap pengujian fase 2.

"Vaksin Merah Putih mungkin akan selesai diproduksi antara Agustus sampai dengan Desember, benar-benar dilakukan penelitiannya oleh Universitas Airlangga bekerja sama dengan Biotis," beber dia saat ditemui di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Selasa (19/2/2022).

Adapun vaksinasi booster menurutnya bisa diberikan dalam program vaksinasi booster maupun untuk usia anak yang belum kedapatan vaksin COVID-19. Ia juga tak menampik kemungkinan vaksin Merah Putih menjadi vaksin COVID-19 donasi.

"Bisa buat booster, bisa juga buat anak yang belum kebagian dan menurut arahan Presiden, pasti ada donasi ke luar negeri," katanya.

Di sisi lain, Budi belum bisa memastikan apakah Indonesia masuk fase endemi lantaran lebih dari 90 persen warganya sudah memiliki antibodi COVID-19. Menurut dia, hal itu bakal diputuskan oleh Presiden Joko Widodo dengan melihat tren COVID-19 dunia.

"Kalau itu (endemi) keputusannya ada di bapak Presiden tapi, kita juga memperhatikan negara-negara lain dan WHO seperti apa," sambungnya.



Simak Video "Peneliti Beberkan Kemampuan Vaksin Merah Putih Melawan Varian Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/sao)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT