Kamis, 21 Apr 2022 08:07 WIB

Viral Lansia di Shanghai Dipaksa Karantina COVID-19, Warga China Ngamuk

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Shanghai telah memberlakukan lockdown sejak akhir bulan lalu. Pusat keuangan di Negeri Tirai Bambu itu pun kini sunyi, jauh dari hiruk-pikuk kota sehari-hari. Foto: REUTERS/ALY SONG
Jakarta -

Perlakuan terhadap seorang lansia di Shanghai berusia 92 tahun yang dikirim ke karantina larut malam telah menyebabkan kemarahan di China, menggarisbawahi rasa frustrasi yang dirasakan banyak orang di bawah aturan ketat "Zero COVID" di negara itu.

Dilaporkan Bloomberg, polisi dan pejabat setempat menyuruh seorang tukang kunci membuka pintu ke apartemen yang ditempati oleh wanita dan putranya sekitar pukul 02:00 ketika tidak ada yang menanggapi ketukan mereka, kata pemerintah setempat di akun media sosial resmi.

Mereka bertindak karena mereka takut "kecelakaan," dan mengatakan pasangan itu "secara sukarela turun ke bawah" sehingga mereka bisa pergi ke fasilitas isolasi.

Lansia dan putranya itu kemudian menghabiskan berjam-jam duduk di lorong karena tempat karantina mereka penuh, Caixin Global melaporkan, mengutip seorang kerabat.

Pemerintah mengatakan keduanya dipindahkan ke pusat karantina pada pukul 3 pagi pada hari Selasa dan diberi tempat tidur dan disediakan kebutuhan sehari-hari. Petugas karantina di sana juga melakukan pemeriksaan kesehatan singkat untuk mereka.

Insiden itu menjadi topik diskusi luas di internet China, dengan hampir 27 juta respons. Banyak orang mempertanyakan mengapa ada orang, apalagi seorang wanita tua, perlu dikirim ke karantina larut malam. Satu orang menggambarkan penjelasan resmi pemerintah sebagai hal yang "menggelikan."

Shanghai bergegas membangun fasilitas isolasi dan rumah sakit darurat untuk ratusan ribu orang. Kota ini telah mengubah ruang pameran, stadion dalam ruangan, dan sekolah menjadi pusat karantina, dan hotel kelas atas telah diperintahkan untuk menyerahkan kamar mereka.



Simak Video "Upaya China Cegah Warga Kelaparan di Tengah Lockdown Ketat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)