Kamis, 21 Apr 2022 11:00 WIB

Dokter Ungkap 5 Tanda Bumil Harus Membatalkan Puasa

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Pregnant muslim woman with her muslim female doctor in clinic, Gynaecology consultation Ibu hamil tak wajib puasa. (Foto: iStock)
Jakarta -

Puasa Ramadan merupakan kewajiban seluruh muslim. Meski begitu, bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu seperti ibu hamil dan menyusui diperkenankan untuk meninggalkan puasa lalu menggantinya di hari lain di luar Ramadan.

Tanda ibu hamil harus membatalkan puasa perlu dikenali, jika tetap meneruskan puasa bagi ibu hamil dengan kondisi-kondisi ini bisa membahayakan kesehatan, tidak hanya dirinya sendiri juga bayi dalam kandungannya

Menurut dr Alexander Mukti, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di Eka Hospital Cibubur, sebenarnya tak ada kondisi khusus bagi bunda hamil yang diperbolehkan berpuasa. Tapi yang penting adalah memastikan kondisi janin berkembang baik sebelum menjalankan puasa.

"Ibu yang sedang hamil dapat kontrol ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG, cek cairan ketuban, dan detak jantung janin," kata Alex.

"Saat kontrol, ibu hamil harus aktif bertanya. Tanyakan kondisi janin, kelayakan kondisi tubuh untuk berpuasa, makanan yang sebaiknya dihindari, dan tata cara makan yang baik selama puasa," sambungnya.

Meski semua ibu hamil boleh puasa, tapi ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai. Berikut 5 tanda ibu hamil harus batal puasa Ramadan, menurut dokter Alex:

Lemah dan sakit

Puasa selama hamil diperbolehkan bila kondisi ibu dan janin sehat. Tapi, bila merasa kondisi tidak fit dan lemah, sebaiknya tak perlu memaksa diri untuk puasa ya.

Mual dan muntah

Jika mengalami mual dan muntah, sebaiknya segeralah berbuka. Mual dan muntah yang dialami ibu hamil ketika berpuasa tak boleh disepelekan karena bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Jika ibu hamil mengalami hal ini, segera konsumsi makanan yang bernutrisi dan beristirahatlah hingga mual dan muntah berhenti. Jika mual dan muntah masih terus berlanjut meski ibu hamil telah membatalkan puasa dan mengonsumsi makanan tertentu, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)