Jumat, 22 Apr 2022 10:00 WIB

Dialami Kiki Fatmala, Apa Pemicu Seseorang Terkena Kanker Paru?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kiki Fatmala Foto: dok instagram qq_fatmala
Jakarta -

Kiki Fatmala ternyata divonis kanker paru 21 November tahun lalu. Ia mengumumkan kondisi terkininya ke publik usai lima bulan terakhir rutin kemoterapi.

Sudah di stadium 4, aktris tersebut bersyukur kini kondisinya sudah jauh lebih baik.

"19 November 2021 hari di mana semuanya berubah. Aku didiagnosis kanker paru-paru stadium IV. Aku menyadari bahwa semuanya tak akan sama lagi dan hidup terbagi jadi dua bagian: Sebelum dan sesudah ini," tulis Kiki Fatmala dalam bahasa Inggris seperti yang dilihat detikcom, Jumat (22/4/2022).

Dikutip dari Mayo Clinic, ada sejumlah faktor yang dapat memicu risiko kanker paru-paru. Kebanyakan di antaranya berkaitan dengan gaya hidup misalnya merokok.

Sementara faktor risiko kanker paru-paru yang tidak dapat dikendalikan yakni memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit tersebut.

Faktor risiko kanker paru-paru meliputi:

  • Merokok

Semakin banyak jumlah rokok yang dikonsumsi dan semakin tinggi intensitas merokok, risiko kanker paru-paru juga semakin meningkat. Berhenti merokok di usia berapa pun dapat menurunkan risiko signifikan terkena kanker paru-paru.

  • Paparan asap rokok

Bukan hanya perokok aktif, seseorang yang terbiasa terpapar asap rokok juga memiliki risiko kanker paru-paru.

  • Terapi radiasi

Jika seseorang telah menjalani terapi radiasi ke dada untuk jenis kanker lain, ada kemungkinan memiliki peningkatan risiko terkena kanker paru-paru.

  • Paparan gas radon

Radon diproduksi oleh pemecahan alami uranium di tanah, batu dan air yang akhirnya menjadi bagian dari udara yang seseorang hirup. Tingkat radon yang tidak aman dapat menumpuk di bangunan mana pun, termasuk rumah.

  • Paparan asbes dan karsinogen lainnya

Paparan asbes di tempat kerja dan zat lain yang diketahui menyebabkan kanker seperti arsenik, kromium, dan nikel dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru, terutama jika kamu seorang perokok.

  • Riwayat keluarga dengan kanker paru-paru

Jika orang tua, saudara kandung, atau anak kamu mengidap kanker paru-paru, risiko kamu mengalami penyakit tersebut juga tinggi.



Simak Video "Verawaty Fajrin Meninggal karena Kanker Paru, Apa saja gejalanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)