Jumat, 22 Apr 2022 21:00 WIB

Mengenal Flu Perut: Gejala dan Cara Mengatasinya

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. Flu perut (Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay)
Jakarta -

Pernah dengar istilah flu perut? Flu perut atau gastroenteritis merupakan bentuk peradangan pada bagian usus. Meski dinamakan flu perut, namun kondisi ini bukan disebabkan oleh virus influenza.

Sebagai informasi, flu perut disebabkan oleh patogen yang disebut norovirus dan bukan virus penyebab influenza. Virus ini menyerang saluran pencernaan manusia dewasa. Flu perut juga bisa terjadi pada anak-anak, yang disebabkan oleh rotavirus. Virus ini biasanya menginfeksi lapisan usus kecil.

Apa Saja Gejala Flu Perut?

Menurut Cleveland Clinic, Jumat (22/4/2022), gejala utama flu perut adalah diare. Virus dapat menginfeksi saluran pencernaan, sehingga menyebabkan diare. Malabsorbsi dapat terjadi karena penghancuran sel-sel usus yang disebut enterosit. Virus dapat mengganggu reabsorpsi cairan dan menyebabkan diare.

Adapun gejala flu perut lainnya, seperti:

  • Kram perut
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Sakit kepala

Bagaimana Cara Mengatasi Flu Perut?

Hal terpenting yang dapat dilakukan jika ingin cepat sembuh adalah istirahat yang cukup dan tetap terhidrasi dengan baik. Apabila mengalami diare atau muntah, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih, air kelapa, jus buah, atau makan makanan berkuah.

Penting untuk diketahui bahwa air putih saja mungkin tidak cukup untuk tetap terhidrasi jika mengalami diare yang parah, jadi pastikan untuk mengonsumsi cairan agar tidak dehidrasi.

Bagaimana Cara Mencegah Flu Perut?

Flu perut disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengurangi resiko terkena flu perut:

1. Jangan lupa mencuci tangan

Ketika sedang sakit, virus dapat menyebar dari sentuhan fisik. Mencuci tangan sampai bersih sangat penting dalam menghentikan penyebaran virus. Virus yang tertinggal di tangan dapat dengan mudah menyebar ke permukaan, makanan, dan orang lain. Sangat penting untuk mencuci tangan dengan benar, terutama sebelum makan.

2. Jaga kebersihan makanan

Seseorang dapat tertular flu perut dari makanan atau air yang terkontaminasi virus. Untuk mencegah penyebaran virus lewat makanan, sebaiknya:

  • Bersihkan permukaan dapur dengan disinfektan
  • Hindari makan daging mentah atau setengah matang
  • Konsumsi susu yang sudah dipasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang membunuh kuman.
  • Jangan lupa selalu cuci buah dan sayuran sebelum dimakan


Simak Video "Indonesia Didominasi Varian Omicron, Termasuk BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)