Rabu, 27 Apr 2022 06:30 WIB

Heboh 'Testicular Tanning' Diklaim Tingkatkan Kadar Testosteron, Ini Kata Dokter

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Man taking a picture of his penis with a smart-phone. A so-called dick pic Foto: iStock
Jakarta -

Baru-baru ini, seorang pembawa acara TV bernama Tucker Carlson mendadak ramai dibicarakan. Pasalnya, ia mengklaim bahwa seorang pria harus melakukan 'Testicular Tanning' untuk meningkatkan kadar testosteron.

'Testicular Tanning' atau penyamakan testis ini lebih formal dikenal sebagai terapi sinar inframerah. Dikutip dari laman Salon.com, terapi ini dilakukan dengan mengekspos skrotum atau kantong kulit yang terletak di bawah penis seseorang ke sinar inframerah.

Tanning biasanya dilakukan untuk membuat kulit agar berwarna lebih kecoklatan. Konon katanya, jika dilakukan pada kantung skrotum seseorang bisa meningkatkan kadar testosteron pria. Kira-kira benar nggak ya?

Menurut ahli urologi Rena Malik, MD, para pria seharusnya tidak melakukan terapi ini. Sebab, ia mengatakan tidak ada bukti ilmiah soal Testicular Tanning atau penyamakan testis itu bisa meningkatkan testosteron.

"Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa penyamakan skrotum atau testis Anda dengan cara apa pun akan meningkatkan testosteron Anda," kata Rena Malik yang dikutip dari Men's Health, Sabtu (23/4/2022).

Malik memahami kenapa terapi ini sangat populer. Sebab, memang ada korelasi antara cahaya dan testosteron. Namun, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan.

"Paparan cahaya yang mirip dengan cahaya yang kita dapatkan di luar dari matahari telah terbukti meningkatkan testosteron ketika diberikan dalam dosis sekitar 20 hingga 30 menit per hari dan dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali per minggu," jelasnya.

"Tapi itu hanya pada kulit tubuh, Anda tidak perlu telanjang atau terkena sinar matahari langsung ke skrotum Anda," bebernya.

Malik menjelaskan ada beberapa terapi perawatan lain, seperti laser cahaya rendah yang memiliki efek yang baik pada aliran darah dan oksigenasi. Tetapi, sampai saat ini tidak ada penelitian yang memberikan hasil yang serupa jika metode itu diterapkan pada kulit skrotum secara khusus.

"Intinya, jangan lakukan tanning atau penyamakan untuk membuat skrotum Anda kecoklatan, dan jangan membeli inframerah yang mahal untuk membantu meningkatkan testosteron Anda," Malik menyimpulkan.

"Sebaliknya, cukup dengan berolahraga, makan makanan yang sehat, keluar di bawah sinar matahari untuk berjalan-jalan, tidur yang nyenyak, dan hindari produk yang mengandung BPA," pungkasnya.



Simak Video "Yang Perlu Diperhatikan Saat Berjemur Agar Dapat Hasil Optimal"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)