Persilakan Terawan Gabung, Ketum PDSI: Anggota Otomatis Keluar dari IDI!

ADVERTISEMENT

Persilakan Terawan Gabung, Ketum PDSI: Anggota Otomatis Keluar dari IDI!

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 27 Apr 2022 12:28 WIB
Anak buah Terawan mendirikan PDSI.
Organisasi profesi dokter yang didirikan anak buah Terawan, PDSI. (Foto: Fajar Nur/detikHealth)
Jakarta -

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto menegaskan anggota yang tergabung dalam PDSI, wajib keluar dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Namun, dr Jajang membebaskan masyarakat memilih tanpa paksaan.

"Pada dasarnya setelah kita deklarasikan PDSI, seluruh anggota PDSI mau tidak mau keluar dari organisasi sebelah," jelas dr Jajang saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2022).

dr Jajang mengimbau warga untuk melihat manfaat dan visi misi PDSI yang fokus mengedepankan inovasi anak bangsa hingga target menekan biaya pendidikan kedokteran. Hal ini ditujukan agar profesi dokter di Indonesia bisa lebih banyak.

"Bagi temen-temen dokter yang lain kami persilahkan untuk memilih organisasi mana yang dipandang oleh teman-teman sangat nyaman untuk diikuti," terang dia.

"Ini adalah pilihan, kalau memang di PDSI itu manfaatnya lebih banyak daripada mudharatnya, silahkan masuk ke PDSI," sambung dia.

Ia juga tidak memaksa dokter yang memiliki pandangan sebaliknya yakni menilai manfaat keanggotaan lebih banyak didapat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Namun, ia mengaku prihatin dengan kasus pemecatan Terawan Agus Putranto yang terungkap di ruang publik.

Padahal, menurutnya hal tersebut adalah ranah internal.

"Tapi kalau banyak mudharatnya silahkan ke organisasi sebelah, tapi bagi kami bahwa PDSI berbeda dengan organisasi sebelah," tegas dia.

Sebelumnya, dr Jajang juga membuka ruang bagi Terawan jika ingin menjadi anggota PDSI seperti 'rumah baru'.



Simak Video "Inisiatif PDSI Tawarkan "Rumah Baru" Untuk Terawan"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT