ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Apr 2022 19:32 WIB

Gawat! Obat Kuat Berdosis 60 Kali Lipat dari Normal Ditarik di Singapura

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi obat Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Otoritas kesehatan di Singapura melaporkan temuan obat kuat ilegal yang kandungan zatnya 60 kali lipat dari dosis normal. Hal ini berbahaya karena dapat menimbulkan efek samping serius.

Health Sciences Authority (HSA) pada hari Rabu (27/4/2022), mengumumkan menarik obat merek AK-II Phenomenal King karena kandungan tadalafil yang berlebih. Tadalafil umum digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi karena bisa memperlancar aliran darah ke penis.

"Penggunaan tadalafil yang tidak tepat bisa berbahaya karena dapat meningkatkan risiko efek samping serius, seperti serangan jantung, stroke, jantung berdebar, detak jantung tidak teratur, dan priapismus (ereksi yang menyakitkan dan sangat lama)," ungkap HSA seperti dikutip dari CNA, Rabu (27/4/2022).

Penggunaan tadalafil yang bersamaan dengan obat penyakit jantung juga diketahui bisa menimbulkan tekanan darah rendah berbahaya.

Penelusuran detikcom menemukan obat dengan nama serupa juga dijual di lapak online di Indonesia. HSA mengingatkan warga tidak mudah tergiur dengan klaim berbagai produk kesehatan yang bombastis.

"Waspadai produk yang efeknya tampat cepat atau mengklaim khasiat yang berlebihan. Barang-barang ini bisa mengandung bahan yang berbahaya," ungkap HSA.



Simak Video "Wanti-wanti Ahli soal Penyakit Flu Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT