Kamis, 28 Apr 2022 10:01 WIB

Widih, AS Masuk Fase Transisi Keluar dari Pandemi COVID-19!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Amerika Serikat (AS) melaporkan lebih dari 441.000 kasus virus Coronadalam sehari. Lonjakan kasus ini tercatat sebagai yang tertinggi sejak pandemi merebak di AS. Ilustrasi Amerika Serikat bertransisi keluar dari fase pandemi. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Pakar penyakit menular ternama di Amerika Serikat Anthony Fauci menyebut Amerika Serikat masuk fase transisi keluar dari pandemi COVID-19. Diklaim berada di fase 'kontrol', dengan situasi yang jauh lebih terkendali.

"Kondisi kita (AS) saat ini berada di luar fase pandemi," beber Fauci, dikutip dari NBC News, Kamis (28/4/2022).

Kabar optimisme ini muncul usai tren kasus COVID-19 rawat inap di AS jauh lebih rendah selama gelombang Omicron. Begitu juga dengan angka catatan kasus kematian.

Dalam wawancaranya bersama The Washington Post, Fauci menyebut ada beberapa tahap atau fase pandemi. Pertama pandemi dengan jumlah kasus besar yakni dialami AS dalam dua tahun terakhir, kedua fase pandemi dengan kasus COVID-19 mulai melandai atau disebut deselerasi dan selanjutnya fase 'kontrol' yakni kecenderungan virus menjadi endemik di populasi.

Setelah ketiga fase tersebut, barulah situasi masuk ke fase eliminasi hingga eradikasi atau nihil kasus COVID-19. Namun, Fauci menilai wabah COVID-19 sulit memasuki dua tahap akhir hingga nol kasus.

"Virus mungkin tidak akan pernah bisa diberantas," kata Fauci.

Fauci, yang juga merupakan penasihat COVID-19 utama Presiden Joe Biden, mengatakan kepada The Post bahwa memasuki fase baru tidak berarti seluruh pandemi berakhir. Artinya, tren COVID-19 secara global belum bisa diartikan keluar dari pandemi.

"Dunia masih dalam pandemi. Tidak ada keraguan tentang itu," katanya.



Simak Video "AS Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Bawah 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)