Kamis, 28 Apr 2022 12:15 WIB

Vaksin Booster Minimal Umur Berapa Sih? Ini Aturannya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Petugas kesehatan dari kepolisiam memberikan vaksin booster kepada warga di kawasan Pasar Induk Kramat Jati,  Rabu (6/4). Vaksin booster minimal usia berapa? Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Vaksin booster minimal umur berapa sih? Pasalnya, pertanyaan ini merupakan informasi penting bagi masyarakat yang ingin mendapatkan booster atau dosis ketiga sebagai syarat mudik tanpa tes COVID-19. Selain itu, vaksin booster ini juga berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan virus Corona, serta melindungi diri dan keluarga saat melakukan perjalanan.

"Bagi yang akan mudik lebaran, segera lakukan vaksinasi booster. Siapkan diri kita semua dalam keadaan sehat, agar kita dapat melindungi diri kita dan keluarga kita saat melakukan perjalanan, saat tiba dan saat kembali dari kampung halaman," imbau juru bicara vaksinasi COVID-19, dr Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Sebagai informasi, vaksin booster atau dosis ketiga sudah di-kickoff oleh pemerintah sejak Rabu, 12 Januari 2022. Adapun layanan vaksin booster ini diberikan secara gratis kepada masyarakat umum dan pemberiannya disesuaikan dengan ketersediaan vaksin.

Begitu juga, vaksin booster ini digelar di tempat atau wilayah yang memenuhi syarat vaksin, baik itu rumah sakit, puskesmas, dan tempat lainnya. Lalu, vaksin booster minimal umur berapa? Bagi masyarakat yang ingin segera mudik, simak informasi berikut.

Vaksin Booster Minimal Umur Berapa? Ini Syaratnya

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenkes RI Nomor HK.02.02/II/252/2002 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster), serta SE Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/II/1180/2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Masyarakat Umum, ada poin yang menjelaskan vaksin booster minimal usia berapa. Berikut informasinya.

  1. Calon penerima vaksin harus menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi PeduliLindungi.
  2. Berusia 18 tahun ke atas (prioritas lanjut usia dan komorbid)
  3. Telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 3 bulan sebelumnya
  4. Ibu hamil juga bisa mendapatkan vaksinasi booster dengan jenis vaksin Pfizer atau Moderna sesuai dengan aturan yang ditetapkan

Vaksin Booster Minimal Umur Berapa? Ini Jenis Vaksinnya

Berdasarkan Surat Edaran Kemenkes nomor SR.02.06/II/1188/2022, Kementerian Kesehatan RI menetapkan 6 kombinasi booster dengan 4 jenis vaksin yang digunakan, yaitu:

  • Pfizer
  • AstraZeneca
  • Moderna
  • Sinopharm

Namun, pada hari Senin (25/4/2022), Kemenkes resmi mengizinkan warga memilih vaksin booster dengan jenis Sinovac, bagi mereka yang khusus memikirkan kehalalan vaksin COVID-19.

"Kami menghormati putusan ma no 31 p/hum/2022 atas rekomendasi untuk melakukan penyediaan vaksin halal dalam program vaksinasi nasional," terang juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, Senin (25/4/2022).

"Untuk itu masyarakat yang merasa nyaman menggunakan Sinovac, kami membuka peluang vaksin tersebut untuk bisa digunakan juga sebagai vaksinasi booster," sambung dia.

Vaksin Booster Minimal Umur Berapa? Ini Kombinasi Terbaru

Pemberian dosis booster dilakukan melalui dua mekanisme, yaitu homolog (pemberian jenis vaksin booster yang sama dengan vaksin primer) dan heterolog (pemberian jenis vaksin booster yang berbeda dengan vaksin primer).

Berikut update lengkap jenis vaksinasi booster yang disetujui Kemenkes RI:

Vaksin primer Sinovac dibooster:

  • Vaksin Sinovac full dosis
  • Vaksin AstraZeneca setengah dosis
  • Vaksin Pfizer setengah dosis
  • Vaksin Moderna dosis penuh.
  • Vaksin Sinopharm dosis penuh.

Vaksin primer AstraZeneca dibooster:

  • Vaksin Moderna setengah dosis
  • Vaksin Pfizer setengah dosis
  • Vaksin AstraZeneca dosis penuh.

Vaksin primer Pfizer dibooster:

  • Vaksin Pfizer dosis penuh
  • Vaksin Moderna setengah dosis
  • Vaksin AstraZeneca dosis penuh.

Vaksin primer Moderna dibooster:

  • Vaksin Moderna setengah dosis

Vaksin primer Janssen atau Johnson and Johnson dibooster:

  • Vaksin Moderna setengah dosis

Vaksin primer Sinopharm dibooster:

  • Vaksin Sinopharm dosis penuh.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang masih bingung vaksin booster minimal usia berapa? Berdasarkan aturan yang dikeluarkan pemerintah, minimal 18 tahun ke atas ya.



Simak Video "Jokowi: Stok Vaksin Covid-19 Pemerintah untuk Booster Lebih dari Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)