ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Apr 2022 13:10 WIB

Kata WHO soal Dugaan Adenovirus 41 Disebut Picu Kasus Hepatitis Misterius

Firdaus Anwar - detikHealth
Geneva, Switzerland - December 03, 2019: World Health Organization (WHO / OMS) Logo at WHO Headquarters WHO buka suara soal dugaan Adenovirus 41 jadi penyebab hepatitis misterius. (Foto: Getty Images/diegograndi)
Jakarta -

Ratusan anak di puluhan negara dilaporkan mengalami hepatitis yang penyebabnya masih belum diketahui. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat hingga 21 April sudah ada 169 kasus yang terkonfirmasi di 12 negara, terbanyak di Inggris.

Anak-anak yang terdampak berusia 1 bulan sampai 16 tahun. Sekitar 10 persen di antaranya mengalami gejala yang parah sampai membutuhkan transplantasi hati.

Terkait hal tersebut, beberapa ahli menduga virus bernama adenovirus 41 sebagai penyebabnya. Ini karena peneliti di Inggris menemukan 75 persen anak yang mengalami hepatitis terdeteksi memiliki infeksi adenovirus.

"Meski saat ini adenovirus merupakan salah satu hipotesis sebagai penyebab dasar, hal ini tidak sepenuhnya bisa menjelaskan gambaran tingkat keparahan klinis," komentar WHO seperti dikutip dari laman resminya pada Kamis (28/4/2022).

"Infeksi oleh adenovirus tipe 41, adenovirus tipe ini belum pernah dikaitkan dengan presentasi klinis hepatitis. Adenovirus adalah patogen umum yang biasanya menyebabkan infeksi ringan bisa sembuh sendiri," lanjut WHO.

Kemungkinan disebut ada faktor lain yang menyebabkan kemunculan kasus hepatitis misterius pada anak selain adenovirus 41. Menurut WHO, adenovirus 41 pada umumnya hanya menyebabkan gejala diare, mual, demam, dan keluhan pernapasan.

"Meskipun ada laporan kasus hepatitis pada anak dengan gangguan sistem imun dengan infeksi adenovirus, adenovirus tipe 41 tidak diketahui sebagai penyebab hepatitis pada anak yang sehat," pungkas WHO.



Simak Video "Simak! Imbauan IDAI soal Munculnya Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT