Sabtu, 30 Apr 2022 22:00 WIB

Idap Asam Lambung, Boleh atau Tidak Minum Air Hangat? Ini Kata Dokter

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay
Jakarta -

Asam lambung merupakan cairan yang dihasilkan oleh sel-sel lambung, bertugas untuk membantu sistem pencernaan, salah satunya membunuh kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan.

Namun, apabila produksi cairan senyawa tersebut berlebihan, efeknya bisa membuat seseorang mengalami gangguan, seperti maag, penyakit asam lambung, dan lainnya.

"Asam lambung adalah sesuatu yang normal. Tubuh kita memerlukan asam lambung untuk mencerna makanan. Jadi, kalau orang bilang sakit asam lambung, kemungkinan sakit akibat kelebihan asam lambung atau kondisi di mana asam lambungnya mengganggu dinding lambung yang kemudian menyebabkan gangguan, seperti maag dan segala macam," kata dr Aru dalam kesempatan yang berbeda saat ditemui oleh detikcom, Senin (28/3/2022).

Adapun penyebab produksi asam lambung berlebih adalah mereka yang menerapkan pola hidup buruk, seperti stres, kurang tidur, hingga pemilihan makanan dan minuman yang kurang baik. Salah satu makanan dan minuman yang harus dihindari adalah gorengan, makanan berminyak, hingga kopi.

Bagaimana dengan air hangat?

Dalam kesempatan yang berbeda, dokter spesialis penyakit dalam, dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, menyebut air hangat bisa dikonsumsi oleh pengidap asam lambung. Pasalnya, air hangat tidak membutuhkan adaptasi seperti air es yang bisa memicu rasa ketidaknyamanan di perut lantaran lambung harus menaikkan suhu air dingin menjadi suhu tubuh.

"Boleh. Manfaatnya dengan air hangat maka lambung tidak perlu beradaptasi seperti bila diberi air es," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (27/4/2022).

Maka dari itu, dr Aru menyarankan untuk mengkonsumsi air hangat daripada air dingin agar tidak memicu perburukan akibat asam lambung.

"Bukan memburuk tapi akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Karena lambung harus menaikkan suhu air dingin menjadi suhu tubuh. Sebaiknya yang baik adalah air hangat," lanjutnya.

Ia juga mengingatkan air hangat yang dikonsumsi adalah air putih dan bukan minuman seperti kopi yang bisa memperburuk kondisi asam lambung.

"Kecuali kopi, asam yang mempengaruhi keasaman lambung," lanjutnya.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)