ADVERTISEMENT

Minggu, 01 Mei 2022 14:30 WIB

Kesaksian Keluarga Gadis 13 Tahun Bisa Jalan Lagi Usai Vaksin Nusantara Terawan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dr Terawan Agus Putranto (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta -

Vaksin Nusantara lagi-lagi viral jadi sorotan publik. Muncul sebuah video di media sosial yang mengisahkan seorang gadis bisa kembali berjalan usai disuntik vaksin Nusantara.

Gadis tersebut bernama Vanessa, diklaim berhasil sembuh setelah menerima vaksin COVID-19 dendritik besutan eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Paman Vanessa Dar Edi Yoga menjadi salah satu saksi perjalanan sakit Vanessa.

Diceritakan, kondisi Vanessa mulai memburuk di November 2021 seperti badan lemas hingga demam yang tak kunjung turun. Ia kemudian dibawa ke rumah sakit awal Desember 2021 dan trombositnya dinyatakan menurun drastis karena infeksi demam berdarah dengue (DBD).

Namun, setelah dirawat di RS, keluhan Vanessa tak kunjung membaik hingga pihak keluarga mencoba perawatan di rumah sakit lain. Di awal Februari 2022, kesehatannya bahkan semakin menurun hingga terpaksa dipindahkan ke fasilitas RS yang lebih besar dan masih harus dirawat sampai akhir Maret 2022.

Tekanan darah Vanessa sangat rendah sehingga perawatan dilakukan di ICU. Setelah sebelumnya divonis terinfeksi DBD, pihak RS kemudian menyebut Vanessa terkena inflamasi pascacovid atau adanya peradangan.

"Setelah ada diagnosa peradangan COVID-19 saya bilang ke dokter Terawan, dia sebut itu autoimun, suruh dibawa ke RSPAD," tuturnya kepada detikcom Minggu (1/5/2022).

Vanessa baru bisa dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto setelah menyelesaikan opname di RS sebelumnya. Setelah keluar dari RS, kondisi Vanessa masih sangat lemah sehingga perlu memakai kursi roda, sudah dua minggu sejak dirinya dirawat di RS.

Ia pun keluar dari RS di tanggal 28 Maret dan baru dibawa ke RSPAD per tanggal 1 April. Bak mukjizat, menurut Yoga, sehari setelah menerima vaksin Nusantara Vanessa bisa kembali berjalan, di hari kedua gadis 13 tahun itu sudah bisa ke minimarket, dan di hari ketiga lancar berjalan naik turun tangga.

"Dia keluar dari RS tidak dapat pengobatan apa-apa langsung suntik vaksin Nusantara. Saya percaya itu karena vaksin Nusantara," sebut dia.

Yoga juga mengklaim hasil laboratorium sebelum dan sesudah divaksin Nusantara menunjukkan perbedaan yang signifikan. Namun, dirinya belum bisa menjelaskan teknis perubahan seperti apa yang dimaksud.



Simak Video "Sederet Pro Kontra Iringi Perjalanan Vaksin Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT