ADVERTISEMENT

Senin, 02 Mei 2022 10:37 WIB

Dugaan Autoimun di Balik Remaja 'Bisa Jalan Lagi' usai Vaksin Nusantara

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Doctor work at the patients bedside in the ward Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Video singkat tentang remaja putri yang bisa berjalan lagi setelah mendapat Vaksin Nusantara viral di media sosial. Menurut keluarga, dr Terawan Agus Putranto yang memeriksanya menyebut riwayat autoimun.

Remaja 13 tahun yang belakangan diketahui bernama Vanessa tersebut dirawat di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 April 2022, setelah sebelumnya dirawat di RS lain. Paman Vanessa, Edi Yoga, mengisahkan awal mula keponakannya masuk RSPAD.

Bermula pada November 2021, kondisi Vanessa memburuk hingga lemas. Awal Desember 2021, ia dibawa ke rumah sakit dan trombositnya teramati turun drastis akibat infeksi Demam Berdarah Dengue (DBD).

Karena keluhannya tidak membaik, Vanessa dibawa ke RS yang lebih besar pada Februari 2022 dan dirawat sampai akhir Maret 2022. Ia sempat dirawat di ICU (Intensive Care Unit) karena inflamasi pasca COVID-19 dan kondisinya lemah hingga harus pakai kursi roda.

"Setelah ada diagnosa peradangan COVID-19 saya bilang ke dokter Terawan, dia sebut itu autoimun, suruh dibawa ke RSPAD," tutur Edi Yoga saat dihubungi detikcom Minggu (1/5/2022).

Vanessa keluar dari RS tersebut pada 28 Maret lalu masuk RSPAD pada 1 April. Di RS tersebut, Vanessa mendapat suntikan Vaksin Nusantara dan sehari setelahnya ia sudah bisa berdiri, bahkan sudah bisa naik-turun tangga di hari ketiga.

"Dia keluar dari RS tidak dapat pengobatan apa-apa langsung suntik vaksin Nusantara. Saya percaya itu karena vaksin Nusantara," jelasnya.

NEXT: Kata peneliti soal kemungkinan efek Vaksin Nusantara.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Seputar Kabar Gadis Bisa Jalan Lagi Usai Disuntik Vaksin Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT