Selasa, 10 Mei 2022 06:14 WIB

Round Up

Lanjut WFH! PPKM Belum Berakhir Sampai COVID-19 Terkendali 100 Persen

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Terus melandainya angka penambahan kasus COVID-19 di Indonesia membuat banyak orang penasaran apakah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah akan dihentikan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, PPKM tetap lanjut.

"Masih diteruskan. Tolong setelah ini disampaikan bahwa PPKM tetap berlanjut sampai betul-betul kita yakin bahwa COVID ini 100 persen bisa kita kendalikan," tegas Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin (9/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyebut penambahan kasus COVID-19 'sudah sangat rendah sekali' dengan hanya 227 kasus pada Minggu (8/5/2022). Meski demikian, ia mengingatkan bahwa kasus aktif pada hari yang sama masih berada di angka 6.192.

Sebelumnya dalam konferensi pers update PPKM, Senin (9/5), Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan penegasan serupa. PPKM masih akan dilanjutkan meski tingkat hunian tempat tidur COVID-19 di rumah sakit terbilang makin rendah.

"Kondisi varian Omicron di tengah momen Idul Fitri yang lalu hingga saat ini masih sangat terkendali, perkembangan Jawa Bali juga terus menunjukkan tren penurunan yang signifikan hampir di seluruh provinsi," papar Luhut.

Ia juga menekankan anjuran untuk bekerja dari rumah alias Work From Home. Hal ini dilakukan di tengah meningatnya kembali mobilitas masyarakat yang berisiko menularkan virus.

"Kami juga mengimbau untuk mengoptimalkan WFH selama beberapa waktu ke depan untuk mengurangi risiko penyebaran virus ini," pungkasnya.

(up/up)