Rabu, 11 Mei 2022 06:30 WIB

Anak Gampang Sakit Perut Sehabis Lebaran? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Anak sakit Anak sakit perut (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu penyakit yang sering muncul pada anak seusai Lebaran yakni masalah pencernaan. Tak melulu karena 'salah makan', gangguan pencernaan bisa disebabkan perubahan pola sehari-hari pada anak sepanjang berlibur Lebaran. Mengapa demikian?

Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Muzal Kadim, SpA(K), menjelaskan penyakit pencernaan yang kerap muncul pada anak pasca Lebaran berupa diare, sakit perut, muntah, sembelit, serta intoleransi dan alergi makanan.

"Ini yang terjadi pada anak secara umum, apalagi pasca lebaran. Kenapa? Karena Lebaran itu mungkin ada hal-hal yang lebih lagi membuat kejadian gangguan saluran cerna, itu mudah terjadi," terangnya dalam diskusi daring, Selasa (10/5/2022).

"Pertama karena perubahan pola sehari-hari. Biasanya pola di rumah, rutin sudah teratur anak itu tidur jam berapa, bangun jam berapa, kemudian mandi, sarapan, kemudian snack, makan siang, begitu sudah diatur sedemikian. Anak-anak sudah establish, tiba-tiba terjadi perubahan polanya," imbuh dr Muzal.

Ia menambahkan, penyakit saluran pencernaan pada anak pasca Lebaran juga bisa timbul imbas penurunan daya tahan tubuh. Menurutnya, di samping tingginya aktivitas tatap muka dengan banyak orang sepanjang momen berlibur, penurunan imunitas boleh jadi tak terlepas dari stres yang timbul semasa anak dibawa berlibur.

"Mungkin kalau keluar kota, mudik, pakai kendaraan, mobil atau kereta yang saat ini macet sekali. Stres itu juga pasti. Perubahan pola sendiri sudah menimbulkan stres, menginap di tempat berbeda sudah menimbulkan stres pada anak," beber dr Muzal.

"Imunitas turun, ditambah kontak dengan orang banyak yang mungkin saja banyak sumber penyakit penularan," pungkasnya.



Simak Video "Antisipasi Pemerintah Cegah Penumpukan Pemudik di Pos Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)