Kamis, 12 Mei 2022 06:30 WIB

7 Tips Alami Meredakan Batuk Pilek pada Bayi

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
ilustrasi mata bayi Tips meredakan batuk pilek pada bayi (Foto: iStock)
Jakarta -

Tubuh bayi yang baru saja lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih sangat lemah. Hal ini menyebabkan para bayi rentan terhadap infeksi virus seperti batuk dan pilek.

Tidak jarang ibu baru langsung merasa panik dan langsung pergi ke dokter saat bayi terjangkit batuk pilek. Tidak hanya itu, obat flu yang dijual bebas juga tidak dianjurkan untuk diberikan kepada anak di bawah umur 2 tahun.

Ternyata, ada berbagai cara pengobatan alami yang dapat membantu meredakan batuk pilek yang dialami para bayi. Bahkan, cara-cara tersebut dapat dilakukan di rumah dan tanpa bantuan obat lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 tips pengobatan alami untuk meredakan batuk dan pilek bayi.

1. ASI

Solusi utama untuk mengobati batuk dan pilek bayi adalah dengan menyusui. Air susu ibu (ASI) mengandung bakteri sehat, antibodi, sel darah putih, antimikroba, pelindung dinding sel, immunoglobulin, protein, enzim, dan hormon yang dapat melindungi bayi dari batuk dan pilek.

ASI juga dapat membantu membangun kekebalan tubuh bayi untuk melawan bakteri, kuman, dan virus.

2. Uap

Dikutip dari Firstcry Parenting, uap adalah cara alami yang membantu bayi menjadi tenang serta meredakan hidung tersumbat.

Salah satu cara untuk melakukan trik pengobatan ini adalah dengan menyalakan pancuran air panas di kamar mandi dan membiarkan ruangan dipenuhi uap. Kemudian, bawalah bayi ke dalam kamar mandi.

Namun, penggunaan uap dari air matang dalam gelas tidak disarankan karena akan berbahaya jika gelas tersebut jatuh. Para ibu juga dapat mempertimbangakan untuk memiliki inhalator uap.

3. Hidrasi

Saat sedang batuk atau pilek, bayi dapat merasa tidak nyaman untuk makan makanan yang padat. Untuk mengatasi ini, ibu dapat memastikan bayi tetap terhidrasi dengan memberikan air hangat, ASI, atau cairan lainnya.

Cairan menjadi suatu alternatif makanan padat yang juga dapat memberikan nutrisi yang diperlukan bayi serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Makan Es Krim Bikin Anak Batuk dan Flu? Begini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)