Kamis, 12 Mei 2022 09:45 WIB

Usai Lebaran, PPKM Masih Lanjut atau Berakhir? Satgas Bilang Begini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wiku Adisasmito di detikcom Year in Review Prof Wiku Adisasmito. (Foto: 20detik)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 menegaskan aturan PPKM atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat masih akan terus dilanjutkan hingga kondisi pandemi benar-benar terkendali.

"PPKM secara fakta mampu melandaikan kondisi kenaikan kasus dan mempertahankannya hingga saat ini," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan yang dikutip dari situs resmi Satgas COVID-19, Kamis (12/5/2022).

Wiku juga mengatakan aturan PPKM akan tetap berlaku pasca libur panjang lebaran sebagai instrumen pengendalian COVID-19. Meskipun Indonesia saat ini sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespon pandemi, tetapi pengendalian beserta pengawasan akan tetap dijalankan.

Selain itu, ia juga mengimbau penggunaan masker juga masih tetap diwajibkan dalam strategi pencegahan COVID-19.

Di sisi lain, pemerintah menyebut tren kasus COVID-19 sudah menunjukkan penurunan. Hal. ini terlihat dari rawat inap pasien COVID-19 menurun 97%, tingkat hunian tempat tidur RS hanya 2%, kasus kematian menurun hingga 98% dan positivity rate terus menurun hingga berada di angka 0,7%.

"Bisa dikatakan bahwa saat ini, Indonesia sudah tidak berada dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi COVID-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi," terang Wiku.

Per 10 Mei 2022, pemerintah memperpanjang PPKM melalui Instruksi Mendagri (InMendagri) No. 24 Tahun 2022 tentang PPKM di Wilayah Pulau Jawa - Bali dan InMendagri No. 25 Tahun 2022 tentang PPKM di wilayah non Jawa - Bali. Aturan PPKM ini akan berlaku sampai tanggal 23 Mei 2022.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)