Kamis, 12 Mei 2022 15:30 WIB

Hepatitis Sudah Lama Ada di RI, Kenapa Kini Jadi Penyakit 'Misterius'?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Hepatitis word from wooden blocks on desk Penjelasan Kemenkes RI perihal potensi adenovirus bermutasi sebagai penyebab hepatitis misterius. Foto: Getty Images/iStockphoto/Piotrekswat
Jakarta -

Dunia kini dibuat geger oleh merebaknya hepatitis misterius yang menyerang anak-anak di sejumlah negara. Hingga kini, belum ada kepastian perihal penyebab penyakit ini. Muncul dugaan, penyakit ini disebabkan oleh adenovirus strain 41.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi, penyakit hepatitis sebenarnya sudah lama ada di Indonesia. Begitu juga adenovirus bukanlah hal baru.

Namun pada kasus misterius ini, terdapat kemungkinan adenovirus bermutasi sehingga memicu penyakit hepatitis. Mengingat, tiga anak pertama yang meninggal dunia di Indonesia dengan dugaan penyebab hepatitis tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri maupun dalam negeri.

"Kenapa disebut misterius? Bisa saja karena memang hepatitis sudah ada, virus hepatitis sudah ada sebelumnya," jelas dr Nadia dalam diskusi daring, Rabu (11/5/2022).

"Kemudian adenovirus salah satu virus yang ditemukan pada pemeriksaan, jenis virus kasus-kasus hepatitis berat di negara-negara yang melaporkan maka kemungkinan masih ada beberapa dugaan apakah kemudian hepatitis ini muncul varian di luar A dan E yang kita ketahui," sambungnya.

dr Nadia menyebut, penyebab potensi adenovirus bermutasi sehingga memicu hepatitis pun masih dalam pencarian. Pasalnya, terdapat banyak faktor penyebab virus bermutasi.

"Bisa juga adenovirus ini muncul dengan adenovirus yang sudah bermutasi, karena memang penyakitnya sudah ada di sini. Virus sudah ada lama baik hepatitis (atau) adenovirus, maka penularan penyebabnya tidak lewat pelaku perjalanan baik luar negeri maupun dalam negeri," bebernya.

"Jadi memang sudah terjadi mutasi, ini faktor-faktornya banyak. Bahkan kalau kita lihat di Inggris, dicari apakah kemungkinan terjadi keracunan, adanya faktor-faktor kesehatan lingkungan yang menyebabkan terjadinya mutasi virus," pungkas dr Nadia.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)