Sabtu, 14 Mei 2022 14:30 WIB

Dokter Ungkap Berapa Lama Masa Inkubasi Hepatitis Akut Sampai Picu Gejala

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d
Jakarta -

Masa inkubasi hepatitis merupakan interval waktu ketika seseorang terinfeksi dan kemungkinan timbul gejala. Anggota komite ahli hepatitis Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Prof Dr dr Rino Alvani Gani, SpPD-KGEH, mengungkapkan bahwa masa inkubasi tergantung pada penyebab hepatitis tersebut.

"Untuk masa inkubasi pada hepatitis akut, tergantung pada virusnya, tergantung pada penyebabnya," tuturnya pada webinar virtual, Sabtu (14/5/2022).

Apabila seseorang awalnya terinfeksi virus hepatitis A, masa inkubasinya sekitar dua minggu. Begitu juga dengan hepatitis B, masa inkubasinya mencapai antara dua sampai empat minggu.

"Kalau misalnya untuk hepatitis A, masa inkubasinya sekitar dua minggu. Untuk hepatitis B, bisa mencapai antara dua sampai empat minggu," lanjutnya.

Sedangkan untuk hepatitis misterius yang belakangan ini bikin geger, Prof Rino belum bisa memastikan karena sampai saat ini masih belum diketahui apa penyebab pastinya.

"Untuk hepatitis akut yang misterius yang sekarang ini ada, kita masih belum tahu. Karena penyebabnya apa masih belum tahu," lanjutnya.



Simak Video "Gejala yang Dialami 18 Pasien di Kasus Dugaan Hepatitis Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)