Selasa, 17 Mei 2022 18:05 WIB

Antisipasi Risiko Penyakit dari Pernikahan Antar Sepupu atau Sedarah

Nada Celesta - detikHealth
Jakarta -

Sempat ramai di jagat dunia maya tentang pernikahan antar sepupu karena momen balik kampung. Hal tersebut menuai kontroversi namun ada pula yang menganggap itu hal biasa.

Bagi mereka yang berniat serius untuk melanjutkan hubungan asmaranya, pasangan perlu mengetahui beberapa informasi ini penting sebelum menikah. Karena adanya beberapa risiko penyakit yang diwariskan seperti hipertensi dan diabetes kepada keturunannya.

Seperti yang dipaparkan oleh dr. Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD-KPsi, bahwa ada beberapa upaya untuk menekan risiko menurunkan penyakit terkait dengan genetik.

"Dari awal sudah harus disampaikan antara pasangan ini, supaya mereka tau risikonya apa aja sih, apa yang perlu disiapkan, kalo nanti ada yang sakit atau kambuh penyakitnya" jelasnya

Banyak hal-hal yang harus dibahas sebelum menikah dengan saudara sedarah ini, salah satu poin pentingnya adalah aspek kesehatan. Kedua belah pihak harus saling jujur untuk menceritakan tentang riwayat penyakit keluarga masing-masing.

"Mending jujur-jujuran aja diawal, ini loh situasinya, gak ada yang disembunyiin" ungkapnya kepada detikcom pada program e-Life.

dr Andi juga menambahkan, sebaiknya pasangan juga berkonsultasi dengan para pakar, agar memiliki bekal pengetahuan yang cukup dalam mengantisipasi risiko-risiko penyakit yang timbul dikemudian hari.

(mjt/mjt)