Rabu, 18 Mei 2022 15:05 WIB

6 Kasus Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Anak sakit Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI mencatat ada 27 pasien mengalami gejala hepatitis akut hingga Selasa (17/5/2022). Sebanyak 13 kasus masuk kategori discarded dan sisanya 14 kasus diduga terkait hepatitis misterius.

Dari keseluruhan kasus, total 6 pasien meninggal diduga terkait hepatitis akut misterius, 1 kasus probable, 5 kasus pending klasifikasi.

Direktur Utama RSPI Sulianto Saroso dr Muhammad Syahril meminta masyarakat mewaspadai gejala awal hepatitis akut berupa keluhan mual, muntah, dan diare.

"Kalau ada keluhan di perut, mual-mual, muntah, atau diare, ini gejala awal. Jangan sampai berat. Berat lagi masuk dia jadi kuning matanya, seluruh tubuhnya, bahkan urine atau kencingnya itu warna seperti teh itu gejala lebih lanjut lagi," terangnya dalam konferensi pers Update Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia, Rabu (18/5/2022).

Berikut ini rincian usia 6 pasien meninggal diduga terkait hepatitis akut misterius:

  • Usia 2 bulan
  • Usia 8 bulan
  • Usia 9 bulan
  • Usia 14 bulan
  • Usia 1 tahun
  • Usia 8 tahun

Selain gejala awal berupa mual, muntah, dan diare, dr Syahril juga mengungkap gejala lain yang dominan dialami pasien diduga hepatitis misterius berupa demam dan hilang nafsu makan.

"Di Indonesia, dari 14 kasus (diduga) hepatitis yang ada, yang menonjol gejalanya demam ada 78,6 persen dan hilang nafsu makan 78,6 persen," pungkasnya.

Simak Video 'Jumlah Hepatitis Akut di Indonesia Alami Penurunan Menjadi 14 Kasus':

[Gambas:Video 20detik]



(mfn/naf)