Rabu, 18 Mei 2022 16:00 WIB

Gejala Awal Hepatitis Anak Mirip Infeksi Biasa, Ini yang Wajib Diwaspadai

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff
Jakarta -

Seiring merebaknya hepatitis misterius alias hepatitis akut berat yang belum diketahui penyebabnya, masyarakat terus-menerus diingatkan untuk segera memberikan penanganan tepat jika anak mengalami anak mengalami sederet gejala hepatitis.

Juru bicara Kementerian Kesehatan RI yang juga Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr Mohammad Syahril, menyebut pada beberapa kasus, anak meninggal dunia diduga akibat hepatitis misterius terlambat beroleh penanganan tepat dari rumah sakit.

"Kalau ada keluhan di perut, mual-mual, muntah, atau diare, ini gejala awal. Jangan sampai berat. Berat lagi masuk dia jadi kuning matanya, seluruh tubuhnya, bahkan urin atau kencingnya itu warna seperti teh itu gejala lebih lanjut lagi," terangnya dalam konferensi pers Update Perkembangan Kasus Hepatitis Akut di Indonesia, Rabu (18/5/2022).

"Kalau berlanjut maka gejala yang mungkin timbul adalah satu anak ini bisa kejang. Yang kedua, kesadaran menurun. Ini agak repot kalau sudah. Karena beberapa kasus yang meninggal, keterlambatan dirujuk ke rumah sakit," imbuh dr Syahril.

Gejala Awal Hepatitis Mirip Infeksi Biasa

Dalam kesempatan lainnya, spesialis anak di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Fatima Safira Alatas, PhD, SpA(K) menyebut gejala awal hepatitis memang mirip dengan gejala infeksi lainnya pada anak. Hal itulah yang kerap kali membuat orang tua lengah dan terlambat merujuk anak ke rumah sakit.

"Gejala klinis awal itu sangat menentukan untuk melihat apakah anaknya bisa kita obati dengan lebih baik atau tidak. Jadi untuk melihat gejala infeksi awal mirip dengan penyakit infeksi biasa," jelas dr Safira saat ditemui detikcom, Selasa (17/5).

"Namun mungkin berbeda dengan penampakan dari anaknya. Jika terlihat anaknya lebih sakit sekali, cepat di-refer ke fasilitas kesehatan, mungkin awareness orangtua lebih harus ditingkatkan supaya datang ke rumah sakit lebih cepat dan dapat diobati dengan baik anaknya," pungkasnya.

Simak Video 'Menkes: Hepatitis Akut Misterius Tidak Timbulkan Kluster':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)