Rabu, 18 Mei 2022 17:00 WIB

Kondisi Terkini 14 Pasien Diduga Hepatitis Misterius RI, Ada yang Sudah Sembuh!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI saat ini mencatat kasus yang diduga hepatitis akut misterius saat ini berjumlah 14 orang, yakni satu kasus probable dan 13 kasus pending klasifikasi. Dari total pasien tersebut, ada yang masih dirawat, dipulangkan, dan meninggal dunia.

Berikut rinciannya:

6 orang meninggal dunia

  • Usia 2 bulan
  • Usia 8 bulan
  • Usia 9 bulan
  • Usia 14 bulan
  • Usia 1 tahun
  • Usia 8 tahun

4 orang masih dirawat di rumah sakit

4 orang dipulangkan atau sembuh

"Tadi ada 4 yang sembuh, dipulangkan. Artinya, dia memang sembuh. Secara klinis tidak ada lagi keluhan, dan secara (hasil) laboratorium juga oke atau normal. Dan pasien ini dinyatakan tidak menularkan lagi," jelas juru bicara Kemenkes RI dr Muhammad Syahril, dalam konferensi pers Kemenkes RI, Rabu (18/5/2022).

Apakah Pasien yang Sembuh Bisa Tertular Hepatitis Lagi?

dr Syahril mengatakan seperti kasus COVID-19 sebelumnya, pasien diduga hepatitis akut yang sudah sembuh masih bisa terinfeksi lagi. Hal ini bisa terjadi jika kembali terpapar sumber penularan penyakitnya.

"Sama ini (hepatitis akut misterius) juga bisa, kalau ketemu lagi sumber penularannya yang disebut dengan reinfeksi," jelas dr Syahril.

"Reinfeksi ini bisa terjadi pada kasus COVID-19 maupun hepatitis ini. Untuk itu, kita tetap waspada dengan melakukan pencegahan-pencegahan," pungkasnya.

(sao/naf)