Rabu, 18 Mei 2022 17:15 WIB

Obat Colchicine: Dosis, Efek Samping, dan Aturan Pemakaian

Rosiana Muliandari - detikHealth
Close-up red and black Medicine Capsules in Blister Packs Mengenal Colchicine, dosis dan efek sampingnya. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Supersmario
Jakarta -

Colchicine merupakan sebuah obat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, disebabkan oleh serangan asam urat tiba-tiba.

Asam urat merupakan salah satu bentuk umum dari radang sendi. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan serangan nyeri tiba-tiba yang parah, bengkak, kemerahan, dan nyeri ketika ditekan pada satu atau lebih sendi, paling sering di jempol kaki.

Berikut dosis, efek samping, dan aturan pemakaian obat Colchicine.

Dosis Obat Colchicine

Dikutip dari MIMS, pemberian dosis obat Colchicine disesuaikan dengan usia dan kondisi medis.

Demam Mediterania Familial

Dewasa: 1,2-2,4 mg setiap hari diberikan sebagai dosis tunggal atau dalam 2 dosis terbagi. Dosis ini dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai kebutuhan dengan peningkatan 0,3 mg setiap hari.

Anak: Untuk anak 4-6 tahun diberikan 0,3 mg-1,8 mg setiap hari, 6-12 tahun 0,9-1,8 mg setiap hari, dan di atas 12 tahun sama seperti dosis dewasa. Semua dosis dapat diberikan sebagai dosis tunggal atau dalam 2 dosis terbagi.

Asam Urat Akut

Dewasa: Dosis pada pengobatan awalnya adalah 1 mg dan diikuti 0,5 mg setelah 1 jam, diberikan dalam waktu 12 jam setelah serangan nyeri. Jika perlu, pengobatan dapat dilanjutkan setelah 12 jam dengan dosis maksimal 0,5 mg setiap 8 jam.

Pengobatan berakhir ketika gejala berkurang atau ketika total 6 mg telah diberikan. Pengobatan lainnya dapat diulang setelah setidaknya 3 hari.

Efek Samping Obat Colchicine

Biasanya, Colchicine dapat menyebabkan mual, ketidaknyamanan atau nyeri perut, muntah dan diare.

Meski begitu, ada beberapa efek samping lainnya yang mungkin memerlukan bantuan medis segera. Segera konsultasikan ke dokter jika mengalami salah satu efek samping berikut ini:

  • Demam
  • Memar atau masalah kulit
  • Pendarahan yang berkepanjangan
  • Ruam atau bisul di mulut dan tenggorokan
  • Sakit tenggorokan

Aturan Pemakaian Obat Colchicine

Sebaiknya, Colchicine dikonsumsi sesuai dengan arahan dokter atau dengan petunjuk pada kemasan obat. Jangan mengambil lebih atau kurang dari yang diinstruksikan oleh dokter Anda. Obat ini dapat minum dengan atau tanpa makanan.

Disarankan untuk membawa beberapa tablet Colchicine sehingga dapat dikonsumsi pada tanda pertama serangan asam urat. Efek obat ini dapat meningkat bila diminum sedekat mungkin pada tanda pertama serangan asam urat tiba-tiba.

Namun, Colchicine mungkin tidak cocok pada orang-orang dengan kondisi penyakit ginjal parah atau menjalani dialisis, riwayat kelainan darah, dan penyakit hati yang parah. Sebaiknya, konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum konsumsi Colchicine.

Kemudian, obat ini tidak boleh dikonsumsi jika sedang hamil, berencana untuk memiliki momongan dalam waktu dekat, menyusui, sedang mengkonsumi obat-obatan yang digunakan dalam transplantasi organ atau gangguan kekebalan tertentu, antibiotik atau anti-jamur tertentu, dan obat-obatan tertentu untuk tekanan darah tinggi.



Simak Video "Ahli Wanti-wanti Gelombang Keempat Covid-19 Akan Lebih Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)