Sabtu, 21 Mei 2022 15:17 WIB

Mengenal Obat Probenecid: Dosis, Efek Samping, dan Aturan Pakai

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Obat dalam kapsul.dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto Mengenal Probenecid, obat penurun kadar asam urat. (Foto ilustrasi: dikhy sasra)
Jakarta -

Probenecid obat apa? Probenecid adalah obat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu, obat ini juga kerap digunakan untuk meningkatkan efektivitas atau kadar antibiotik, seperti penisilin atau cefoxitin. Namun, obat Probenecid kurang direkomendasikan untuk mengobati serangan asam urat yang sedang terjadi.

Penyakit asam urat (gout) merupakan salah satu jenis peradangan sendi akibat tingginya kadar asam urat. Normalnya, asam urat seharusnya dikeluarkan dari tubuh melalui urine atau feses. Namun, tinggi kadar asam urat dapat membentuk kristal di area sendi. Hal ini menyebabkan peradangan sendi dan memicu nyeri, bengkak, hingga kemerahan.

Meski tidak dapat mengobati penyakit asam urat, konsumsi Probenecid secara rutin dapat membantu mencegah serangan asam urat. Obat ini bekerja dengan cara mencegah ginjal menyerap kembali asam urat dan meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh.

Baca Juga

Berikut adalah dosis, efek samping, dan aturan pakai obat Probenecid untuk menurunkan kadar asam urat.

Dosis Obat Probenecid

Probenecid merupakan obat resep, sehingga penggunaannya harus dalam pengawasan dokter. Dikutip dari MIMS, berikut adalah dosis obat Probenecid sesuai kondisi medis pasien.

1. Penyakit Asam Urat

Dewasa: Dosis 250 mg, tiap 2 kali sehari selama 1 minggu. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 500 mg, tiap 2 kali sehari. Peningkatan dosis selanjutnya sebanyak 500 mg, tiap 4 minggu. Pemberian dosis maksimal 2.000 mg per hari.

2. Peningkatan Efektivitas Antibiotik

Dewasa: Untuk memperpanjang efek penisilin, dosis 500 mg, 4 kali sehari. Untuk membantu cefoxitin mengobati gonore atau radang panggul, dosis 1 gram sebagai dosis tunggal.

Efek Samping Obat Probenecid

Penggunaan obat Probenecid dapat menimbulkan sejumlah efek samping seperti berikut:

Kehilangan selera makan

Mual

Muntah

Nyeri gusi

Peningkatan frekuensi buang air kecil

Sakit kepala

Periksakan diri ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat atau timbul efek samping serius, seperti:

Demam

Gejala penyakit liver

Memar

Nyeri punggung

Sakit tenggorokan

Sulit buang air kecil

Aturan Pakai Obat Probenecid

Probenecid sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Jika mengalami gangguan pencernaan selepas minum obat ini, segera minum antasida untuk meredakannya.

Saat menggunakan obat Probenecid, selalu ikuti arahan dokter untuk mengurangi rasa nyeri akibat tingginya kadar asam urat. Obat ini juga dapat diminum bersamaan dengan obat asam urat lainnya seperti allopurinol. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait konsumsi Probenecid dengan obat lainnya.

Setelah menggunakan Probenecid, pastikan untuk minum air putih setidaknya 10-12 gelas dalam sehari. Konsumsi awal obat ini bisa memicu peningkatan asam urat sementara pada ginjal. Hal ini berisiko menimbulkan gangguan ginjal, sehingga minum air putih adalah cara terbaik untuk mencegahnya.

Baca Juga



Simak Video "Isi Surat Ibu yang Minta Ganja Medis Dilegalkan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)