IDI Ikut Berduka Atas Meninggalnya Eks Jubir COVID-19 Achmad Yurianto

ADVERTISEMENT

IDI Ikut Berduka Atas Meninggalnya Eks Jubir COVID-19 Achmad Yurianto

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sabtu, 21 Mei 2022 21:28 WIB
Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Achmad Yurianto meninggal dunia. (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ikut berduka atas berpulangnya Achmad Yurianto, mantan juru bicara COVID-19. Ia mengenang sosok pria yang akrab disapa Yuri sangat berkomitmen di awal pandemi COVID-19.

"Sangat sedih mengetahui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kemenkes RI dr Achmad Yurianto tidak ada lagi," duka Prof Zubairi, dalam laman akun Twitter pribadinya Sabtu (21/5/2022).

"Sosok yang berkomitmen pada awal pandemi COVID-19 dalam melayani masyarakat. Semoga almarhum husnul khatimah dan Allah menempatkan beliau di tempat yang mulia di sisi-Nya. Amin," lanjutnya.

Achmad Yurianto tutup usia di 60 tahun. Pria kelahiran 1962 itu bakal dimakamkan di Batu, Malang besok Minggu (22/5/2022).

"Besok rencana dimakamkan secara militer di Batu, Malang," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof Ali Ghufron saat dihubungi, Sabtu (21/5/2022).

Selain sempat menjadi jubir COVID-19, Yuri sebelumnya mengemban amanah sebagai Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Ia kemudian ditunjuk sebagai Dirjen P2P di masa kepemimpinan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Tak lama setelahnya, ia dirotasi menjadi Staf Ahli Menkes bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi hingga terakhir menempati posisi Ketua Dewan Pengawas dan Calon Anggota Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Tonton video 'Achmad Yurianto, dari Dokter Militer hingga Jubir Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT