Minggu, 22 Mei 2022 05:00 WIB

Round Up

Achmad Yurianto, Eks Jubir COVID yang Tutup Usia saat RI Transisi ke Endemi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Juru bicara pemerintah untuk penanganan wabah virus Corona, Achmad Yurianto. Achmad Yurianto (Foto: Setkab)
Jakarta -

Nama Achmad Yurianto begitu populer sejak Indonesia mencatat wabah COVID-19. Pria asal Malang itu kerap hadir di layar televisi menyampaikan perkembangan kasus Corona di awal pandemi.

Presiden Joko Widodo menunjuk Achmad Yurianto sebagai juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, tepat saat dirinya juga menjabat Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Tak heran, banyak pihak berduka atas kepergian pria yang kerap disapa Yuri tersebut. Jasanya semasa pandemi COVID-19 diakui banyak masyarakat hingga tokoh publik dan sederet pejabat.

Duka mendalam salah satunya disampaikan juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito. Ia mengenal Yuri sejak lama saat penyampai kabar COVID-19 itu menjadi seniornya semasa SMA.

"Pak Yurianto sudah saya anggap sebagai saudara sendiri karena beliau adalah sahabat kakak saya yang sering belajar dan bermain di rumah saya pada saat SMA. Beliau tokoh yang sangat luar biasa," ucap Wiku, dalam akun Instagram pribadinya, Sabtu (21/5/2022).

Yuri juga sempat mengemban amanah menjadi Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI, di masa periode Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Dalam keterangan tertulis, Terawan juga turut berduka dan mengenang banyak jasanya semasa kerja bersama di Kemenkes RI.

"Saya bersaksi beliau orang baik. Saya juga berterima kasih almarhum telah membantu negara dalam mengedukasi serta memberikan informasi kepada masyarakat di masa awal pandemi COVID-19," kata Terawan, Sabtu (21/5/2022).

Sementara Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Purn) Doni Monardo menggambarkan sosok Yuri sebagai pahlawan, lantaran Yuri banyak mencerahkan beragam informasi, khususnya terkait penyebaran virus Corona di Indonesia.

"Salah satu pahlawan COVID-19 karena lewat Pak Yuri lah semua masyarakat Indonesia tahu tentang COVID-19, tahu apa itu COVID-19, bagaimana bahayanya, bagaimana cara mitigasinya," jelas Doni, dikutip dari CNNIndonesia.

NEXT: Ucapan belasungkawa banjiri linimassa.

Simak Video 'Achmad Yurianto, dari Dokter Militer hingga Jubir Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2