Senin, 23 Mei 2022 13:15 WIB

Tanda-tanda Flu Singapura, Penyakit Menular yang Rentan Serang Anak

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Tanda-tanda flu Singapura (Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d)
Jakarta -

Ada sejumlah tanda-tanda flu Singapura yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Pasalnya, tersebut sangat mudah menular dan kerap menyerang anak-anak usia 5 sampai 10 tahun. Meskipun demikian, orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Sebagai informasi, flu Singapura atau disebut hand, foot, and mouth disease (HFMD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat tiga nama virus yang menyebabkan flu Singapura, yaitu Coxsackievirus A16 (virus yang paling umum menyebabkan flu Singapura di Amerika Serikat), Coxsackievirus A6 (virus yang bisa menyebabkan gejala flu Singapura yang lebih parah, serta Enterovirus 71 (EV-A71) yang dikaitkan dengan wabah di Asia Timur dan Tenggara.

Selain itu, penyakit ini juga berbeda dengan foot and mouth disease (FMD) atau disebut PMK (penyakit mulut dan kuku) yang menyerang hewan ternak seperti sapi.

Tanda-tanda Flu Singapura

Periode awal infeksi hingga timbul tanda-tanda flu Singapura umumnya tiga sampai enam hari. Salah satu tanda-tanda flu Singapura yang kerap kali muncul adalah demam, disertai dengan sakit tenggorokan hingga nafsu makan yang buruk.

Satu atau dua hari setelah demam dimulai, akan muncul ruam yang menyakitkan di bagian depan mulut atau tenggorokan. Ruam pada tangan, kaki, dan mungkin bokong dapat muncul dalam satu atau dua hari.

Adapun tanda-tanda flu Singapura lainnya, seperti:

  • Demam
  • Sakit tenggorokan
  • Merasa tidak enak
  • Lesi yang menyakitkan, merah, seperti melepuh di lidah, gusi, dan bagian dalam pipi
  • Ruam merah, tanpa gatal tetapi kadang-kadang melepuh, di telapak tangan, telapak kaki, dan kadang-kadang bokong
  • Iritabilitas pada bayi dan balita
  • Kehilangan selera makan

Apabila seseorang mengalami sejumlah tanda-tanda flu Singapura di atas ini, segera menghubungi dokter atau pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan.



Simak Video "Indonesia Didominasi Varian Omicron, Termasuk BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)