Selasa, 24 Mei 2022 16:01 WIB

Rezky Aditya Disebut Ayah Biologis Anak Wenny Ariani, Begini Tes DNA Dilakukan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Gugatan Wenny Ariani melawan artis Rezky Aditya dikabulkan, Pengadilan Tinggi (PT) Banten menyatakan Rezky Aditya adalah ayah biologis anak yang dilahirkan Wenny Ariani.

"Benar, sudah diputus," kata jubir PT Banten, Binsar Gultom, saat dimintai konfirmasi, dikutip dari detikNews, Selasa (24/5/2022).

Dikutip dari Cleveland Clinic, untuk menentukan seseorang merupakan ayah biologis dari anak tertentu diperlukan tes paternitas DNA. Tes paternitas DNA ini disebut akurat memastikan apakah seorang pria merupakan ayah biologis orang lain.

Tes paternitas menggunakan DNA yang biasanya diambil dari usapan mulut pada pipi bagian dalam, untuk menentukan apakah seorang pria adalah ayah biologis anak tersebut. Tingkat akurasi tes paternitas DNA diklaim mencapai 99,9 persen.

Bagaimana cara tes paternitas DNA?

Ada dua cara yang bisa dilakukan yakni tes darah dan swab pipi atau mengambil sampel dari usapan mulut pada pipi sebelah dalam.

1. Tes darah: Calon ayah dan anak memberikan sampel darah di layanan medis. Fasilitas tersebut mengirimkan sampel ke laboratorium untuk dianalisis.

2. Cheek swabs: Petugas mengambil sampel calon ayah dan anak dalam pipi mereka untuk sel bukal (pipi). Sampel nantinya dikirim ke laboratorium untuk menganalisis hasil tes.

Bagaimana tes paternitas DNA mengonfirmasi ayah biologis?

Laboratorium menjalankan serangkaian tes yang disebut sekuensing DNA. Tes ini mencari kecocokan genetik antara calon ayah dan anak. Kecocokan tersebut yang nantinya bisa mengonfirmasi apakah seorang pria merupakan ayah biologis dari anak yang dimaksud.

Mengapa orang membutuhkan tes DNA paternitas?

Tes paternitas DNA dibutuhkan bagi beberapa orang yang tengah berjuang mendapatkan hak hukum atas tunjangan anak, hak asuh anak, jaminan sosial hingga warisan. Identifikasi kondisi genetik juga bisa memengaruhi kesehatan jangka panjang seseorang.

(naf/up)