ADVERTISEMENT

Senin, 30 Mei 2022 14:45 WIB

Sakit Mata Menular Lewat Pandangan Nggak Sih? Begini Faktanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
sakit mata Sakit mata menular atau tidak sih? (Foto: iStock)
Jakarta -

Sakit mata menular lewat pandangan atau tidak sih? Mengingat banyak masyarakat yang percaya bahwa sakit mata bisa ditularkan lewat bertukar pandangan. Bahkan, ada yang sampai menghindari pandangan seseorang yang sedang sakit mata lantaran tak ingin tertular.

Sebagai informasi, sakit mata merupakan kondisi yang sering terjadi. Dikutip dari WebMD, Senin (30/5/2022), terdapat beberapa masalah sakit mata yang terbilang umum, seperti:

  • Peradangan atau infeksi pada kelopak mata (blefaritis).
  • Konjungtivitis (mata merah). Peradangan pada konjungtiva yang disebabkan oleh alergi atau infeksi virus maupun bakteri.
  • Kornea lecet (corneal abrasions). Goresan di bagian mata yang sangat menyakitkan.
  • Infeksi kornea (keratitis). Kornea yang meradang atau terinfeksi terkadang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Adapun sakit mata sangat mudah diidentifikasikan lantaran memicu rasa nyeri di bagian mata. Rasa nyeri tersebut biasanya juga disertai beberapa gejala lain, seperti mata berdenyut, berair, dan keluarnya cairan mata. Rasa sakit yang dialami pada saat sakit mata umumnya dapat hilang dengan sendirinya tanpa obat-obatan atau pengobatan khusus.

Berbicara tentang kondisi tersebut, lantas sakit mata menular lewat pandangan atau tidak sih? Simak informasi berikut.

Sakit Mata Menular Lewat Pandangan atau Tidak?

dr Rina La Distia Nora, SpM(K), PhD, dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), mengungkapkan bahwa sakit mata seperti konjungtivitis bisa menular ke orang lain, namun penularannya tidak melalui bertukar pandang.

"Ada penyakit mata yang sangat menular namanya konjungtivitis atau bahasa inggrisnya pink eye, jadi keluhannya belekkan banyak terus pagi hari lengket dan itu bisa sangat menular. Tapi penyebabnya bukan lewat lihat-lihatan," ujar dr Rina, Selasa (30/10/2018).

Sakit mata konjungtivitis umumnya disebabkan oleh virus, namun virus tidak bisa lompat begitu saja dari mata ke mata. Menurut dr Rina, pencetus penyebaran sakit mata biasanya lewat tangan yang tidak terjaga kebersihannya.

"Yang penting itu hand hygiene, karena kalau kita sakit kan belekan biasanya ngelap-ngelap ya, kena ke tangan, nah virus yang ada di tangan, itu kalau kita jabatan atau cipika cipiki masih ada virus sedikit," kata dr Rina.

Nah, jadi bagi masyarakat yang masih percaya terkait sakit mata menular lewat pandangan atau tidak? Jawabannya tidak ya, melainkan menular lewat sentuhan dari tangan yang terkontaminasi oleh virus.



Simak Video "Mata Merana Karena WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT