ADVERTISEMENT

Selasa, 31 Mei 2022 07:23 WIB

Penderita OCD Bisa Sembuh? Ini Penjelasan Psikolog

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Beberapa waktu lalu ramai di media sosial sebuah unggahan yang membuat heboh netizen. Unggahan tersebut merupakan kisah seorang wanita yang diceraikan padahal baru menikah selama delapan hari. Wanita tersebut diceraikan lantaran sang suami menderita OCD.

Berbicara soal OCD, bisa nggak sih penderita OCD sembuh?

Menurut Veronica Adesla, MPsi, Psikolog Klinis Co-Founder Ohana Space di program e-life menyebutkan, bahwa penderita OCD bisa melakukan coping.

"Kebanyakan sih dari pasien bisa di coping, coping itu dalam arti mengetahui langkah yang kemudian bisa dijalankan untuk menurunkan tingkat compulsive dan obsesive. Karena targetnya adalah kembali berfungsi dengan baik di aktivitas keseharian," jelas Veronica.

"Jadi jika seseorang tidak terganggu sama sekali itu adalah hal yang menjadi target, jangan sampai juga kemudian beralih dari obsesi yang dialami kemudian beralih kepada obsesi untuk menghilangkan sama sekali," lanjutnya.

Dijelaskan Vero, sapaan akrabnya, bahwa pada saat melakukan penyembuhan harus fokus kepada obsesi yang dialami seorang pasien. Jangan memiliki dua obsesi pada saat penyembuhan, karena hal tersebut akan mengganggu kepada penyembuhan yang dialami oleh pasien.

Selain coping, Vero juga menyarankan kepada penderita OCD untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli.

"Biasanya tenaga professional membantu pasien dalam juga membuat target pencapaian yang realistis, kemudian jangan sampai terobsesi dan kita hargai juga prosesnya. Yang paling penting adalah data bisa berfungsi dengan baik," jelasnya.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT