ADVERTISEMENT

Selasa, 31 Mei 2022 15:10 WIB

Menkes Ungkap Alasan Banyak Vaksin COVID-19 Kedaluwarsa

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Jakarta -

Pada awal Mei 2022, Kementerian Kesehatan RI menyebut ada sekitar 9 juta dosis vaksin COVID-19 yang akan kedaluwarsa pada akhir Mei. Pemerintah pun sudah menerapkan beberapa strategi agar stok vaksin dapat digunakan sebelum mencapai tenggat kedaluwarsa, ternyata belum juga mumpuni.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membenarkan stok vaksin COVID-19 di Indonesia banyak yang mendekati masa kedaluwarsa. Namun, ia tidak menyebutkan jumlah pasti jumlah vaksin yang kedaluwarsa tersebut.

"Kami mengajukan usulan kepada Bapak Presiden untuk bisa dilakukan pemusnahan vaksin-vaksin yang expired datenya sudah lewat... Itu penting untuk segera dilakukan agar tidak menghambat program vaksinasi berikutnya karena gudang-gudangnya sudah penuh," kata Menkes Budi dalam konferensi pers, Selasa (31/5/2022)

Menkes Budi mengatakan, ada dua penyebab utama vaksin COVID-19 di Indonesia kedaluwarsa. Pertama karena vaksin yang diterima dalam bentuk hibah memiliki masa kedaluwarsa yang pendek.

"Sebagian besar vaksin (expired) itu donasi. Vaksin donasi merupakan stok lama dari negara-negara maju... Hampir semua vaksin donasi expired date-nya pendek, antara 1 hingga 3 bulan," terangnya.

Selain itu, ia menuturkan penyebab lainnya yakni terjadi perlambatan laju vaksinasi COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir.

"Karena terjadi perlambatan, penurunan laju vaksinasi," ujar Menkes Budi.

Menkes Budi menyebutkan, pada awal pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 ditargetkan cakupan vaksinasi dosis lengkap sebesar 90 persen dari total populasi dan vaksin booster 80 persen. Namun pada realitanya, saat jumlah cakupan vaksinasi mencapai 70 persen, laju vaksinasi akan stagnan atau stabil.

"Target awal tidak realistis, tapi yang realistis adalah 70 persen dari populasi (vaksin) dosis lengkap dan boosternya 50 persen. Karena penurunan (target) ini, kebutuhan vaksin jadi lebih sedikit," terangnya.

Simak video "Menkes Ungkap Penyebab Kedaluwarsanya Jutaan Vaksin Covid-19"

[Gambas:Video 20detik]



(any/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT