ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Jun 2022 10:38 WIB

Meningkat Dua Kali Lipat! 550 Kasus Cacar Monyet Dilaporkan ke WHO

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology. Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage
Jakarta -

Pemimpin teknis cacar monyet dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rosamund Lewis, mengungkapkan sudah ada lebih dari 550 kasus cacar monyet yang dilaporkan dari 30 negara di seluruh dunia. Peningkatan kasus tersebut terjadi dalam waktu yang relatif singkat.

"Kami sebenarnya memiliki hitungan lebih dari 550 kasus yang dikonfirmasi di 30 negara di empat dari enam wilayah WHO," kata Lewis, dikutip dari CNN, Rabu (1/6/2022).

"Kami melihat semua kasus muncul dalam waktu yang relatif singkat. Kami melihat bahwa dalam beberapa hari, dalam beberapa minggu, kami melihat lebih dari 500 kasus. Ini berbeda. Ini belum pernah terlihat sebelumnya," lanjutnya.

Lewis juga mengungkapkan bahwa WHO sampai saat ini masih belum mengetahui sumber wabah dari virus cacar monyet. Ia meminta agar setiap negara ikut menelusuri sumber tersebut demi mencegah lonjakan kasus.

"Risiko kesehatan masyarakat bisa menjadi tinggi jika virus ini memanfaatkan kesempatan untuk memantapkan dirinya sebagai patogen manusia dan menyebar ke kelompok yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah seperti anak kecil dan orang yang mengalami gangguan kekebalan," sambung Lewis.

Sebelumnya, WHO hingga 26 Mei 2022 disebut telah menerima laporan 257 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan sekitar 120 kasus yang dicurigai di 23 negara non-endemi.



Simak Video "Mengenal Cacar Monyet yang Mewabah di Sejumlah Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT