ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 09:30 WIB

Permintaan Maaf RSUD Wonosari soal Mahasiswi Ngonten Curhat Pasang Kateter

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

RSUD Wonosari menyampaikan permohonan maaf di media sosial terkait viralnya seorang mahasiswi keperawatan yang membuat konten terkait praktik memasang kateter di fasilitas kesehatan mereka. Mahasiswi tersebut belakangan jadi sorotan lantaran dinilai tidak profesional hingga tudingan pelecehan seksual.

"Menanggapi konten video yang sedang viral di media. Kami menyampaikan bahwa yang bersangkutan bukan merupakan pegawai RSUD," tegas mereka dalam keterangan resmi yang dikutip dari akun Instagram @rsud_wonosari, Kamis (2/6/2022).

"Tetapi mahasiswa dari universitas X yang sedang praktik di RSUD Wonosari. Kejadian ini akan segrea ditindaklanjutin oleh Manajemen RSUD Wonosari. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," sambung mereka.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) juga menekankan kejadian ini menjadi pembelajaran untuk mengingatkan pentingnya etika bermedia sosial. Terlebih, yang bersangkutan masih menjalani pendidikan keperawatan

"Organisasi profesi mendapat masukan yang baik untuk proses pembelajaran etika. Termasuk dalam bermedia sosial sebagai bekal jika telah lulus jadi perawat," jelas Harif saat dihubungi detikcom Rabu (1/6/2022).

Lebih lanjut, Harif menekankan mahasiswi tersebut sudah ditindak langsung oleh institusi atau pihak kampus. Hal ini juga dikonfirmasi langsung oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Unisa Yogyakarta Sinta Maharani.

"Terkait kasus tersebut kami sudah koordinasi dengan Kaprodi Keperawatan dan Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan. Benar itu mahasiswa Unisa Yogya. Mahasiswa profesi nurse," kata dia saat dihubungi detikJateng, Rabu (1/6/2022).

"(Kami) memperingatkan/menegur mahasiswa tersebut terkait dengan konten yang telah dibuat. Menarik mahasiswa dari tempat praktik kliniknya," beber dia.

NEXT: Ngonten dengan narasi seksis terhadap pasien pria.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT