ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 11:01 WIB

Kasus Viral Konten Pasang Kateter di Medsos, Ada Nakes Berebut Lihat Mr P

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jakarta -

Baru-baru ini, viral seorang mahasiswi perawat yang menceritakan pengalamannya memasang kateter pasien pria saat praktik di sebuah rumah sakit. Hal itu diunggahnya ke media sosial miliknya beberapa waktu lalu.

Dalam unggahannya yang viral, mahasiswi tersebut menuliskan pengalamannya memasang kateter untuk pasien pria.

"Ketika aku harus memasang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," demikian tulisan yang tertera dalam potongan video viral, diunggah ulang oleh akun Twitter @AREAJULID, Rabu (1/6/2022).

Akibat tindakannya itu, mahasiswi tersebut terancam skorsing dari kampusnya. Kepala Biro Humas dan Protokol Universitas Aisyiyah (Unisa), Sinta Maharani, juga mengakui bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswi di kampus tersebut. Ia juga mengatakan mahasiswi tersebut sudah ditarik dari tempat praktik.

"Terkait kasus tersebut, kami sudah berkoordinasi dengan Kaprodi Keperawatan dan Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan. Benar itu mahasiswa Unisa Yogya. Mahasiswa profesi ners," jelasnya yang dikutip dari detikJateng, Rabu (1/5/2022).

Sebelumnya, kasus serupa juga sempat viral di Twitter yang disebar oleh akun @tubirfess Oktober 2020. Cerita tersebut diunggah dalam akun TikTok oleh seorang wanita yang bekerja sebagai petugas medis.

Dalam postingan yang viral, akun @tubirfess menceritakan petugas wanita itu mendapat tugas memasang selang kateter pada pasien dewasa lelaki. Namun, disebutkan juga dalam potongan gambar video tersebut bahwa wanita ini sempat cekcok dengan temannya karena berebut ingin memasang kateter.

"Gimana sih rasanya memasang selang kateter ke pasien dewasa lelaki," tulis caption yang dilihat detikcom pada potongan gambar dari video di TikTok.

"Sampai berantem woy gua sama kawan gua, demi dapat tindakan ini," lanjutan caption tersebut.

Akibat postingan itu, banyak netizen yang geram dengan tindakan nakes tersebut. Mereka merasa geram dan malu akibat tindakannya.

"Yang kaya gini bisa dilaporin gak? Ada langgar kode etik atau apalah gitu? Risih banget liatnya, orang kerja kok niatnya begitu," cuit netizen @p***ae.

"HAHAHAHA NGAKAK BANGET YA ALLAH. Gue saban hari masang kateter cowok dari yang anak muda ganteng banget, bapak-bapak sampai kakek-kakek nggak ada niatan nafsu atau apa. Yang ada mau buru-buru selesai itu pasang kateter. Hadoh ini malu-maluin nakes aja!" ujar netizen lain membalas utas viral tersebut.

Menanggapi kasus ini, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Hanif Fadhillah, SKep, SH, MKep, menjelaskan bahwa tindakan nakes tersebut sudah bersinggungan dengan ketidaksesuaian norma.

"Dikarenakan prosesnya tadi berebut saya kira itu sudah masuk dalam tidak penyesuaian dengan norma. Salah satunya normanya kita sebut dengan segala tindakan atau keputusan tidak boleh mencederai fisik maupun psikologis," jelasnya saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.

(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT