ADVERTISEMENT

Sabtu, 04 Jun 2022 05:46 WIB

5 Manfaat Mengkonsumsi Telur Setiap Hari, Cocok Buat Sarapan!

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
ilustrasi telur Foto: iStock
Jakarta -

Telur tidak diragukan lagi manfaatnya, karena satu butir telur memiliki 75 kalori dengan 7 gram protein. Tak hanya itu telur juga mengandung zat besi, beberapa mineral dan vitamin, serta hanya mengandung 5 gram lemak.

Karena hal itu, telur menjadi salah satu sebagai sumber makanan sehat di seluruh dunia dan hampir semua orang menyukainya. Hampir semua cara untuk mengonsumsi telur dapat dinikmati oleh sebagian besar orang.

Dikutip dari Times of India, terdapat beberapa manfaat jika mengonsumsi telur setiap hari, seperti:

1. Turunkan Berat Badan

Telur merupakan makanan yang kaya akan manfaat, kombinasi antara protein dan lemak memberikan beragam manfaat bagi tubuh.

Mengonsumsi telur setiap hari tidak hanya membuat Anda merasa kenyang lebih lama, tapi juga membuat Anda dapat menurunkan berat badan.

Telur sangat baik dikonsumsi ketika sarapan, selain membuat kenyang hingga makan siang, telur juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Telur adalah salah satu makanan murah yang bisa memberikan Anda banyak energi, terutama di pagi hari ketika akan beraktivitas.

Kandung vitamin D pada kuning telur dapat mempercepat meredakan pilek dan flu. Hal ini membuktikan bahwa mengonsumsi telur setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Telur bila dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan kesehatan kognitif, karena telur mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Telur mengandung vitamin B12, B6, kolin, dan folat. Nutrisi ini mengatur suasana hati dan memori seseorang. Tak hanya itu, satu butir telur mengandung 26 persen dari nilai kolin yang direkomendasikan untuk wanita.

4. Meningkatkan Kolesterol Baik

Banyak yang percaya bahwa konsumsi telur setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol. Padaha sebaliknya, ketika mengonsumsi telur dalam diet sehari-hari, hal itu akan meningkatkan kolesterol baik yaitu HDL.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian selama bertahun-tahun.

5. Membuat Kulit Lebih Sehat

Selenium adalah salah satu bagian penting dalam kesehatan kulit, dan telur adalah sumber yang baik untuk nutrisi ini.

Satu telur ukuran besar mengandung 28 persen dari nilai selenium harian yang direkomendasikan. Ketika mengonsumsi telur setiap hari, hal itu berarti memberi nutrisi pada kulit agar tetap sehat.



Simak Video "Momentum Diet Kala Puasa Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT