Moms, Kecerdasan Anak Tak Bisa Diukur Hanya dari Rapor di Sekolah

ADVERTISEMENT

Moms, Kecerdasan Anak Tak Bisa Diukur Hanya dari Rapor di Sekolah

Ayunda Septiani - detikHealth
Selasa, 07 Jun 2022 12:36 WIB
Jakarta -

Tidak sedikit orang tua yang berambisi menjadikan anak mendapat peringkat satu di sekolah dan memiliki nilai di atas rata-rata. Padahal kenyataannya, kecerdasan seorang anak tak bisa diukur hanya dari nilai akademis.

"Betul ya bahwa kecerdasan itu bukan hanya hasil akademis, kecerdasan itu bukan nilainya berapa atau rankingnya berapa," kata psikolog klinis anak Ratih Zulhaqqi, SPsi, MPSi dalam program e-life detikcom, Jumat (4/6/2022).

Ratih menyebut kecerdasan anak terbagi atas kognitif, emosional, dan majemuk. Selain kecerdasan kognitif, orang tua juga wajib membantu anak agar cerdas secara emosional.

Artinya orang tua perlu paham bahwa kecerdasan itu bukan hanya sekadar bagaimana anak mendapatkan nilai bagus, tetapi juga tentang membangun kecerdasan emosi dan sosialnya.

"Nggak melulu kecerdasan kognitif tapi juga kecerdasan emosi. nah kecerdasan emosi ini tentang bagaimana dia bisa menempatkan diri sesuai dengan tuntutan lingkungan, mengapresiasi lingkungan, berkomunikasi, ini bagian dari kecerdasan emosi," jelasnya.

Setiap anak berbeda kemampuan, tingkat kecerdasan, minat, dan bakatnya. Meski demikian, orang tua perlu tetap memperlakukan anak dengan spesial dan peka dalam melihat kemampuan yang dimiliki si kecil sehingga di kehidupan dewasa, anak bisa membawa diri sesuai dengan potensi yang mereka miliki.

"Ibaratnya anak bukan hidup untuk hari ini atau sekarang saja, jadi bagaimana di masa depan nanti. Bagaimana kecerdasan ini membantu dia mempermudah hidupnya," pungkas Ratih.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT