ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 21:00 WIB

Tinggal Satu-satunya di Indonesia, Ini Wilayah yang Masih PPKM Level 2

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
PPKM DKI Jakarta Tetap Level 2, Ini Aturan yang Berlaku Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa berlaku kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level di seluruh Indonesia hingga 4 Juli 2022.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal mengatakan saat ini seluruh wilayah di Indonesia sudah berada di level 1 PPKM, hanya satu daerah yang tersisa berada di level 2. Sudah tidak ada kabupaten/kota baik di Jawa Bali dan di Luar Jawa Bali yang berada di Level 3 dan Level 4.

"Seluruh daerah (128 kabupaten/kota) di Jawa Bali berada di PPKM Level 1. Sedangkan untuk daerah di Luar Jawa Bali, 385 kabupaten/kota berada di PPKM Level 1, dan hanya 1 kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Bintuni yang masih berada di Level 2," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (7/6/2022).

Lebih lanjut, Safrizal menjelaskan bahwa assessment pemerintah daerah dalam perpanjangan PPKM kali ini dilakukan dengan menggunakan indikator transmisi komunitas pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Melihat hampir seluruh wilayah telah berada di level 1 PPKM, kegiatan masyarakat bisa dikatakan dapat beroperasi normal dengan kapasitas maksimal 100 persen di berbagai sektor. Namun pemerintah tetap mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi-potensi yang dapat menyebabkan penularan COVID-19 dan memakai masker bagi kelompok rentan.

"Sebagaimana yang telah pemerintah sampaikan sebelumnya, bahwa kita sudah menyusun strategi menuju status endemi Covid-19, sehingga seluruh pihak untuk terus bekerja maksimal agar upaya kita dapat segera terealisasi." pungkas Safrizal.



Simak Video "PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT