ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Jun 2022 07:31 WIB

Cacar Monyet Dunia Tembus 1.000 Kasus, CDC Tingkatkan Level Kewaspadaan

Firdaus Anwar - detikHealth
cacar monyet Foto: Getty Images/CDC
Jakarta -

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut cacar monyet di dunia sudah menembus 1.000 kasus. Hal ini membuat CDC meningkatkan level kewaspadaannya dan mengeluarkan peringatan untuk seluruh pelaku perjalanan.

Di Amerika Serikat (AS) sendiri, setidaknya sudah ada 31 kasus cacar monyet yang terkonfirmasi. Sebagian besar kasus tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke Afrika Tengah atau Barat yang endemi penyakit cacar monyet.

CDC kini mengimbau agar orang-orang menghindari orang sakit, terutama yang memiliki ruam merah di kulit atau kelaminnya. Diimbau juga agar tidak menyentuh lansung pakaian atau seprai orang sakit tersebut.

"Risikonya untuk masyarakat secara umum masih rendah... Tapi Anda sebaiknya langsung mencari bantuan medis bila mengalami gejala ruam yang tidak jelas mulanya, demam, menggigil, dan hindari kontak fisik dengan orang lain," tulis CDC seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (8/6/2022).

Virus cacar monyet diketahui sebetulnya tidak mudah menyebar. Penularan terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi, luka, tempat tidur dan pakaian yang terkontaminasi, serta droplet (cairan liur) selama tatap muka.



Simak Video "Penjelasan Kemenkes Soal Cacar Monyet Dapat Menular Lewat Aktivitas Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT