Selasa, 14 Jun 2022 05:25 WIB

Hati-hati! 'Alumni' COVID-19 yang Seperti Ini Rentan Kena Lagi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sebanyak 17 murid SMAN 2 Bantul, DIY, terkonfirmasi positif COVID-19. Pihak sekolah pun menggelar swab massal kepada guru dan siswa. Lansia dan anak balita lebih rentan reinfeksi COVID-19 (Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta -

Subvarian BA.4 dan BA.5 disebut-sebut dapat memicu reinfeksi pada 'alumni' alias orang-orang yang sebelumnya pernah terinfeksi COVID-19. Siapa saja yang rentan mengalaminya?

Ketua Umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia, Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD, K-AI, menyebut risiko reinfeksi terbilang lebih tinggi pada kondisi imunitas yang menurun karena faktor usia. Kondisi ini dikenal juga sebagai immunosenescence.

"Reinfeksi biasanya terjadi pada orang yang memang memang punya komorbid, lansia, karena sistem imunnya sudah lebih menurun," jelasnya dalam diskusi virtual, Senin (13/6/2022).

Pada lansia, imunitas tidak seratus persen memberikan perlindungan sebagaimana saat masih lebih muda. Bahlan ketika sudah mendapatkan vaksin booster, lansia tetap menghadapi risiko reinfeksi.

Karenanya, Prof Iris menyarankan para lansia untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat meski sudah booster. Sebisa mungkin tidak bepergian jika tidak benar-benar ada kebutuhan yang penting dan mendesak.

"Faktor anak-anak di bawah 5 tahun, dan lansia di atas 60 tahun, ditambah lagi komorbid, itu lebih mempermudah lagi reinfeksi," tandas Prof Iris.

Simak Video 'Seputar Subvarian BA.4 dan BA.5 yang Bikin Kasus Covid-19 RI Naik Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)