ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 06:58 WIB

Kok Ada yang 'Ngebet' Viral Jalur Bully? Ini Kata Psikolog

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Media sosial saat ini ibarat panggung. Setiap orang bisa menampilkan diri kapan saja dan di mana saja dengan konten yang beragam.

Sayangnya akhir-akhir ini platform media sosial lebih sering diramaikan dengan konten negatif. Contohnya baru-baru ini seorang mahasiswi yang viral karena pasang kateter sampai konten wanita berhijab pamer payudara.

"Sering kali ya yang viral itu kontennya negatif dan jadi banyak perbincangan orang. Jarang konten viral yang memang positif atau menginspirasi," beber Arrundina Puspita Dewi, M. Psi seorang psikolog klinis dari Ohana Space dalam sesi e-life detikcom, Jumat (10/6/2022).

Kenapa sih konten negatif cenderung mudah viral?

Dina, sapaannya, mengatakan tidak sedikit orang yang pengin viral membuat konten kontroversi agar dibicarakan banyak orang. Makin banyak yang membicarakannya, semakin besar pula paparan yang didapatkan.

Pada dasarnya, setiap orang punya kecenderungan untuk mendapatkan validasi. Di era sosial media, masyarakat tentu lebih mudah untuk menampilkan diri.

Hanya saja, tak jarang konten yang viral itu justru bermuatan hal negatif.

"Karena jadi bahan obrolan terus. kalau misalnya kita sudah tahu bahan pembicaraan, kita mencari tahu, dan jadinya makin viral," ucapnya.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT