ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Jun 2022 06:00 WIB

Awas! Serangan Jantung Bisa Menyerang Usia Muda, Begini Mencegahnya

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Ilustrasi lambang cinta atau jantung Sakit jantung bisa menyerang usia muda (Foto: Getty Images/Eoneren)
Jakarta -

Serangan jantung terjadi akibat penyempitan pada pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi tersumbat. Umumnya serangan jantung menyerang mereka yang berusia 30-50 tahun.

Namun, menurut Dr med dr Denio A Ridjab, SpJP(K) seorang dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, serangan jantung atau penyakit jantung koroner dapat menyerang mereka yang berusia lebih muda karena beberapa faktor.

"Mungkin dulu pas tahun 2010, orang-orang yang berumur di atas 30 tahun harus melakukan screening pada jantungnya dikhawatirkan terdapat masalah. Namun, sekarang anak-anak muda yang berusia di bawah 30 tahun harus sudah melakukan screening, karena kebiasaan yang mereka lakukan," ujar Denio pada diskusi kesehatan yang diselenggarakan secara daring, Selasa (14/6/2022).

"Kebiasaan-kebiasaan buruk itu kaya kurang gerak atau males olahraga, terus merokok, makan makanan yang tidak sehat itu jadi faktor meningkatkan risiko serangan jantung di usia muda, apalagi ada turunan riwayat penyakit jantung itu bisa nambah risiko," sambungnya.

Tak hanya itu, Denio juga menyatakan bahwa walaupun masih berusia muda harus tetap rutin mengontrol kesehatan, seperti mengecek kadar kolesterol hingga tekanan darah.

Ia juga menjelaskan bahwa salah satu cara mencegah terjadinya serangan jantung adalah dengan rutin berolahraga.

"Karena masih muda jadi silahkan olahraga jenis apapun kaya sepak bola atau badminton, bisa juga dikombinasikan sama angkat beban. Olahraga rutin bisa dilakukan sebanyak 5 kali seminggu masing-masing 30 menit dengan intensitas ringan sampe sedang," katanya.

"Beda lagi kalo misalnya umurnya udah di atas 40 tahun, itu harus konsultasi dulu ke dokter kira-kira olahraga apa yang cocok. Soalnya ditakutkan ada masalah pada jantung ketika berolahraga yang terlalu berat," pungkasnya.



Simak Video "Patah Hati Picu Penyakit Jantung?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT