ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Jun 2022 10:15 WIB

Ciri Virus Corona Omicron BA.4 dan BA.5, Waspadai Jika Ada Gejala Ini!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Menanti Harga Tes PCR Covid-19 Semakin Murah Ciri Corona Omicron BA.4 dan BA.5 (Foto: detik)
Jakarta -

Ciri Virus Corona Omicron BA.4 dan BA.5 penting diketahui masyarakat. Pasalnya, kedua subvarian tersebut diklaim lebih menular dibandingkan strain asli (BA.1) maupun varian lainnya. Bahkan masa inkubasinya hanya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari sampai timbulnya gejala.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) melaporkan sudah ada 20 kasus pasien Omicron BA.4 dan BA.5 pada Selasa (14/6), terdiri dari dua kasus BA.4 dan 18 kasus BA.5. Total kasus melonjak bertambah 12 orang dari catatan empat hari sebelumnya, 10 Juni 2022.

Dari 18 kasus subvarian BA.5, diketahui 3 kasus di antaranya diidap oleh pasien anak-anak. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan ketiga pasien anak-anak ini belum mendapatkan vaksinasi.

"Ada tiga kasus anak yang terkena varian BA.5, mereka belum menerima vaksin," kata Maxi saat dihubungi detikcom, Rabu (15/6/2022).

Sedangkan 17 kasus lainnya sudah menerima vaksin COVID-19. Dua kasus Omicron BA.5 baru divaksinasi satu dosis, 3 kasus sudah vaksinasi dua dosis, 9 kasus sudah menerima vaksinasi booster, dan satu kasus sudah divaksinasi COVID-19 empat kali.

Ada dua kasus tersisa sudah divaksinasi lengkap, terinfeksi omicron baru BA.4. Dari laporan tersebut, 8 di antaranya merupakan pria, 12 lainnya perempuan.

Ciri Virus Corona Omicron BA.4 dan BA.5

Dalam keterangannya kepada wartawan, Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyebut gejala subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 tidak lebih ringan dibandingkan varian COVID-19 lainnya. Gejala yang relatif ringan itu pada dasarnya disebabkan oleh imunitas masyarakat yang sudah terbentuk terhadap COVID-19.

"Omicron ini bukan lebih ringan, tapi yang menjadi penyebab terkesan ringan adalah karena imunitas yang sudah terbentuk," beber Dicky.

"Kalau ini menimpanya ketika kita di situasi yang sama imunitas seperti Delta datang, kematiannya akan jauh lebih besar ketika BA.4 dan BA.5 ini datang. Kita beruntung ini datang setelah gelombang Delta," pungkasnya.

Adapun ciri virus Corona Omicron BA.4 dan BA.5 umumnya mirip dengan varian COVID-19 lainnya, seperti:

  • Batuk: 89 persen
  • Fatigue atau kelelahan: 65 persen
  • Hidung tersumbat atau rinore: 59 persen
  • Demam: 38 persen
  • Mual atau muntah: 22 persen
  • Sesak napas: 16 persen
  • Diare: 11 persen
  • Anosmia atau ageusia: 8 persen


Simak Video "Kemenkes RI Laporkan Peningkatan Prevalensi Penyakit Diabetes-Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT