ADVERTISEMENT

Selasa, 21 Jun 2022 06:41 WIB

Kena Stroke Usia Muda karena Begadang? Dokter Jantung Ungkap Faktanya

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Tak melulu stroke terjadi pada usia tua, stroke juga bisa menyerang usia muda lho. Stroke sendiri adalah kondisi ketika suplai darah ke bagian otak terganggu atau berkurang, yang mana hal ini mengakibatkan jaringan otak tidak mendapatkan oksigen.

Menanggapi pemicu stroke di usia muda, spesialis saraf dari RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, SpS mengatakan begadang bukanlah faktor risiko melainkan pemicu. Saat begadang, waktu yang harusnya beristirahat dipakai untuk beraktivitas sehingga imunitas bisa menurun.

"Begadangnya sih engga, tapi trigger darah tinggi. Lalu kalau misalnya dia punya kolesterol, karena begadang makannya ngaco, kolesterolnya naik," beber dr Rubiana dalam sesi e-life detikcom, Jumat (17/6/2022).

Begadang tak ayal membuat orang akan lebih banyak makan. Kebiasaan ini akan menjadi pemicu naiknya darah tinggi atau hipertensi yang merupakan faktor risiko stroke.

dr Rubiana juga menyebutkan terjadi stroke hingga koma bisa jadi karena mengalami aneurisma. Kondisi ini membuat pembuluh darah di otak pecah.

"Kalau dia tiba-tiba koma, bisa jadi karena ada pendarahan. karena dia begadang, kurang istirahat, ini mentrigger aneurisma menjadi pecah. kalau pecah, terjadi stroke pendarahan," jelasnya.

"Ada yg survive, ada yang engga tergantung besarnya pendarahan yang dialami," pungkasnya.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT