ADVERTISEMENT

Selasa, 21 Jun 2022 17:46 WIB

Sepekan COVID-19 Harian di Atas Seribu, Catat Pesan Satgas

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Presiden Joko Widodo melonggarkan kebijakan penggunaan masker di ruang terbuka. Aturan itu diterapkan karena kasus COVID-19 di Indonesia dinilai semakin membaik Sepekan COVID-19 harian di atas seribu, catat pesan satgas. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Indonesia diterpa kenaikan kasus COVID-19 imbas subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Hari ini, Selasa (21/6/2022), RI mencatat 1.678 kasus baru COVID-19. Hal ini menjadikan RI mencatat kasus COVID-19 harian lebih dari seribu kasus dalam tujuh hari terakhir berturut-turut.

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan kenaikan kasus COVID-19 belakangan ini sebagai alarm yang perlu diwaspadai.

"Kita tengah alami kenaikan 6 hari berturut-turut sudah naik angka seribu. Sebelumnya kita 2 bulan di bawah seribu, jadi ini alarm yang perlu diwaspadai," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/6/2022).

Menurut Prof Wiku, positivity rate COVID-19 juga naik selama 4 minggu ke belakang. Namun, angka positivity rate masih di bawah angka 5 persen yang dinilainya masih dalam kategori aman.

Prof Wiku memberikan pesan kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

Deteksi Kasus Sedini Mungkin

Ia meminta kesadaran bagi masyarakat yang merasakan gejala COVID-19 untuk datang ke tempat testing COVID-19 segera. Prof Wiku juga meminta pemerintah daerah untuk menyediakan tempat testing COVID-19 lebih banyak.

Kembali Lakukan Usaha Penanganan

Prof Wiku berpesan untuk kembali memperhatikan usaha penanganan COVID-19. Usaha ini terutama difokuskan pada mereka yang merupakan kelompok rentan seperti lansia dan yang memiliki komorbid.

"Lakukan kembali treatment penanganan perlindungan, terutama untuk kelompok rentan perlu dilakukan pengawasan," ujarnya.

Perketat Protokol Kesehatan

Terakhir, ia menyarankan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan menggunakan masker pada tempat-tempat yang telah ditetapkan.



Simak Video "Satgas Covid-19: Kasus Kematian Meningkat Selama 3 Hari Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT