Rabu, 22 Jun 2022 10:00 WIB

Jemaah Haji Asal RI Alami Serangan Jantung Hingga Koma, Begini Kondisi Terkininya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jemaah haji sempat koma, begini kondisi terkininya. Jemaah haji sempat koma. (Foto: Dok Kemenkes RI)
Jakarta -

Seorang jemaah haji asal Indonesia Siti Zahro sempat mengalami koma saat menjalankan ibadah di Tanah Suci. Saat ini ia dirawat di RS Al Madinah dan kondisinya dipantau ketat oleh tim KKHI Madinah.

Kementerian Kesehatan RI melaporkan wanita berumur 62 tahun itu saat ini kondisinya sudah berangsur membaik meski masih dirawat intensif di rumah sakit.

"Alhamdulillah kondisi Ibu Siti Zahro berangsur-angsur membaik dan sudah bisa komunikasi dengan keluarganya di kampung melalui video call," kata dr Muhaimin spesialis jantung dan pembuluh darah yang memimpin tim visitasi dikutip dari laman Kemenkes RI, Rabu (23/6/2022).

dr Muhaimin mengatakan, hari ini, merupakan hari ketiga Siti Zahro dirawat di RS Al Madinah. Dokter KKHI Madinah ini mengaku bersyukur, melihat perkembangan kesehatan Siti Zahro yang sangat signifikan. Sehingga perlahan-lahan alat bantu pernapasan sudah dilepas dan obat-obat penguat otot jantung dihentikan.

Berdasarkan informasi dari tim dokter yang menangani di RS Al Madinah, Siti Zahro mengalami serangan jantung atau infark miokard akut yang menyebabkan henti jantung. Sehingga perlu dirujuk ke pusat jantung Cardiac Centre Madinah di RS King Fahd untuk angiografi koroner dan pemasangan ring jantung.

"Rencananya hari ini rujuk ke Madinah Cardiac Centre, RS King Fahd untuk penanganan lanjutan yaitu Angiografi Koroner dan dilanjutkan pemasangan ring jantung," katanya.



Simak Video "Ahli Minta Jemaah Haji Tak Gunakan Alat Cukur Bergantian"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)