Kamis, 23 Jun 2022 17:52 WIB

Filter AC yang Kotor Ternyata Bisa Tularkan Penyakit, Masa Sih?

Atta Kharisma - detikHealth
Ilustrasi AC Foto: Dok. Polytron
Jakarta -

Setiap orang pastinya mendambakan hunian yang sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Sebuah hunian yang dilengkapi dengan beragam fasilitas modern dan mutakhir kerap dianggap memiliki standar hunian yang sehat, tapi apakah benar demikian?

Banyak yang tidak menyadari kalau rumah yang kita tinggali terkadang bisa lebih tercemar dibandingkan dengan lingkungan luar. Salah satu penyebabnya bisa berasal dari filter air-conditioner (AC) yang tidak pernah diganti dan kotor.

Dilansir dari Well and Good, filter AC yang kotor akan menjadi habitat bagi berbagai macam polutan, jamur dan spora, hingga virus penyakit. Tentunya ini akan menimbulkan gangguan kesehatan dan menularkan penyakit bagi para penghuni rumah.

Lantas, penyakit apa saja yang mungkin muncul akibat filter AC yang kotor? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Gangguan Pernapasan

Filter AC memiliki peranan penting dalam proses sirkulasi udara. Jika kotor, maka cepat atau lambat filter AC akan menjadi tempat bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

Bakteri dan jamur ini kemudian ikut dialirkan hingga terhirup oleh penghuni rumah. Mikroorganisme yang Anda hirup ini tentunya akan menimbulkan berbagai macam gangguan pernapasan, mulai dari batuk hingga penyakit berbahaya seperti radang paru-paru.

2. Penyakit Kulit

Filter AC kotor menyebabkan penyakit kulit? Ternyata bisa loh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, filter AC yang kotor merupakan sarang bagi berbagai macam virus, polutan dan jamur.

Virus dan bakteri tersebut akan ikut mengalir di udara dan hinggap di kulit, menyebabkan kulit menjadi kering hingga bersisik. Kondisi kulit yang demikian merupakan sarang empuk bagi mikroorganisme yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

3. Sakit Kepala

Aliran udara tak sehat akibat filter AC yang kotor juga bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala akibat terlalu lama di ruangan berpendingin, terutama jika AC kotor umumnya disebut sick building syndrome.

Sick building syndrome ini biasanya disebabkan ventilasi udara yang tidak sehat serta paparan kontaminan yang terlalu lama saat berada dalam ruangan, yang mana keduanya dapat dipicu oleh filter AC yang kotor. Sick building syndrome menimbulkan gejala mulai dari sakit kepala hingga tidak enak badan.

Halaman Selanjutnya: Solusi Memilih AC Self Cleaning

Selanjutnya
Halaman
1 2