Jumat, 24 Jun 2022 10:03 WIB

Kronologi Gadis Cirebon Dibawa ke RS karena Sering Kena Asap Vape-Rokok

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral wanita di TikTok mengeluhkan sesak napas usai sering keluar malam dan terkena paparan vape. Belakangan diketahui terdiagnosis radang paru. Viral gadis Cirebon mengidap radang paru imbas keseringan terpapar asap vape dan rokok. (Foto: Tangkapan layar: SS Viral)
Jakarta -

Baru-baru ini viral gadis asal Cirebon dilarikan ke rumah sakit usai didiagnosis mengidap radang paru. Mulanya, ia sering mengeluhkan sesak napas. Keluhan ini selalu muncul menjelang tidur.

Gadis 18 tahun baru tersadar mengidap radang paru setelah melakukan rontgen saat gejala sesak napas semakin intens dan memburuk.

"Dokter tuh kasih tunjuk gambar paru-paru ada titik hitam gitu, terus setelah aku rawat inap seminggu, aku harus rawat jalan selama 6 bulan," beber Juliana Permatasari kepada detikcom.

"Tetap aku bisa ngelakuin aktivitas, ya tapi jangan terlalu berat. Dan ini aku nggak pernah ngerokok atau vape, cuma ya memang sering main sama teman-teman yang ngevape sih," tutur dia.

Sang dokter kala itu menyebut penyebab radang paru diakibatkan Juliana sering terkena angin malam dan paparan rokok konvensional maupun elektrik. Karenanya, dokter menyarankan Juliana untuk memperbaiki pola hidup serta pola makan.

Ia juga diketahui memiliki riwayat sakit maag yang diyakini menjadi salah satu pemicu rasa sesak napas kerap muncul, hingga terdiagnosis radang paru.

Juliana menggambarkan, rasa sesak napas yang dialaminya amat menyiksa. "Sampai sekarang aku tiap malam susah tidur karena pernapasannya susah, nyiksa banget kaya aku harus tarik napas panjang tapi itu bikin sakit," ceritanya.

"Kata dokter tiap aku kambuh gitu, aku tiup-tiup napas-nya lewat mulut," sambung Juliana.

Ia berpesan agar siapapun mulai menjalani pola hidup sehat demi mencegah risiko serupa seperti yang dialaminya. Juliana juga berharap banyak orang berhenti merokok dan vape lantaran dampak yang ditimbulkan juga bisa berbahaya bagi yang menghirup asap.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)