Jumat, 24 Jun 2022 11:29 WIB

Wanita Tewas di Jaksel Overdosis Silikon, Ini Bahaya Jika Tak Dilakukan Ahli

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi jenazah Foto: Thinkstock
Jakarta -

Seorang wanita ditemukan tewas di apartemen di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan akibat overdosis cairan silikon yang disuntikkan ke bokongnya. Hasil autopsi menemukan adanya jaringan yang terhambat di area bokong imbas suntik silikon.

"Tersangka mengambil peralatan jarum suntik dan menyuntik di pinggul kanan dan kiri korban sebanyak 2 x 500 ml di pinggul kiri dan 2 x 500 ml di pinggul kanan," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto.

Tidak sedikit wanita yang melakukan suntik silikon untuk memperindah penampilannya. Namun suntik silikon bisa menyebabkan efek samping berbahaya bagi penggunanya.

Silikon memiliki berbagai banyak bentuk dan tidak semua cocok pada setiap orang. Jika tidak dilakukan oleh profesional, dampaknya tidak akan tertangani dengan maksimal.

Dikutip dari FDA, suntikan silikon dapat menyebabkan nyeri jangka panjang, infeksi, dan cedera serius, seperti jaringan parut dan cacat permanen, emboli (penyumbatan pembuluh darah), stroke, dan kematian.

Silikon bahkan dapat bocor ke aliran darah, menyebar ke paru-paru, dan menyebabkan infeksi yang fatal.

Beberapa pasien mengalami kelainan bentuk akibat suntikan berbahaya ini, termasuk benjolan yang tidak berbentuk di bawah permukaan kulit. Silikon berkualitas rendah bahkan dapat menyebabkan masalah pernapasan, gagal ginjal, dan nyeri dada.

Dalam beberapa kasus, itu dapat meningkatkan risiko mengembangkan emboli paru. Namun karena harga rendah yang menarik, banyak pasien terus kembali sehingga efek samping yang muncul pun semakin parah.



Simak Video "Kasus PMK di DIY Tembus 6 Ribu Lebih, Vaksinasi Ternak Digencarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)